Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Depot Bakso Enak di Banjarbaru, Rekomendasi Jujur

Wisata kuliner di Banjarbaru tak lengkap jika anda tak mencoba kuliner bakso yang menggoda. Ada banyak depot bakso Banjarbaru, namun tidak semuanya cocok dilidah.

BERI.WEB.ID - Ada beberapa alasan untuk menyimpulkan bakso itu enak atau tidak.  Namun standar yang biasa saya gunakan untuk menyebut sebuah bakso itu enak atau tidak selalu terletak pada rasa bakso.  Rasa ini mencakup tekstur bakso, kuah kaldu hingga ngomongin soal komposisi bahan dalam sau porsi bakso.

Soal rasa ini memang sangat relatif.  Setiap orang memiliki lidah tersendiri.  Karena itu perlu saya sampaikan diawal bahwa penilaian ini sangat subyektif.

Selain rasa bakso, kebersihan tempat depot bakso, popularitas depot bakso dan harga yang worth itu untuk sebuah rasa bakso yang enak.

Kualitas bahan, komposisi dan proses pembuatan bakso menjadi jaminan bakso yang dibuat akan terasa lezat. Itulah alasan mengapa tidak semua depot bakso memiliki citarasa yang sama dan cocok di lidah.

Kuliner berbahan dasar daging ini sudah dikenal sejak lama. Konon bakso sendiri lahir dari bakti seorang anak Meng Bo kepada ibunya pada abad ke-17 dinasti Ming di Fuzhou.

Singkat cerita, Meng Bo membuat bakso dilatarbelakangi sang ibu yang tidak bisa mengkonsumsi daging bertektur alot. Bakso ia buat terinspirasi tetangganya yang membuat kuliner Mochi yang dibuat dengan cara menumbuk bahan dan menjadikannya kuliner itu berbentuk bola kecil. Meng Bo lalu membuatnya dari bahan daging yang ditumbuk agar sang ibu yang sudah tua bisa mengkonsumsi daging lagi.

Kuliner bakso masuk ke Indonesia kabarnya dibawa oleh seorang pedagang asal China yang kemudian menetap di tanah air. Bakso pun kemudian berubah rasa dengan beragam rempah asli Indonesia sehingga menyesuaikan budaya dan citarasa hingga seperti yang anda nikmati saat ini.

Bakso sendiri secara harfiah diartikan sebagai daging giling. Jadi, jika dagingnya tidak digiling, boleh jadi itu bukan bakso, tapi sate, rendang atau sop buntut... ehehehe.. bercanda.

Nah, buat kamu yang pingin mencicipi kuliner bakso enak di Banjarbaru, kamu bisa mendatangi beberapa depot bakso enak berikut.

1. Bakso Batuah


Bakso ini boleh dibilang bakso legendaris di Martapura. Di Banjarbaru ada cabang Bakso Batuah salah satunya di Jl Kemuning kawasan Pasar Banjarbaru. Namun jika anda ingin merasakan yang lebih dekat dengan Bandara Syamsudin Noor, anda bisa mendatangi depotnya di Jl A Yani Km 25 Landasan Ulin Banjarbaru tepat di samping Resto Wong Solo.

Nikmatnya bakso Batuah tidak usah diragukan lagi. Sejak 10 tahun yang lalu kali pertama mencoba bakso ini hingga sekarang citarasanya masih relatif sama. Aroma dan citarasa kuah baksonya kaya akan rempah.

Menikmati seporsi bakso batuah, anda akan disuguhi bakso dengan mie dan bihun biru muda dengan tambahan sayuran dan kerupuk pangsit yang dibentuk. 


Wisata kuliner di Banjarbaru tak lengkap jika anda tak mencoba kuliner bakso yang menggoda. Ada banyak depot bakso Banjarbaru, namun tidak semuanya cocok dilidah.

2. Arjuna 1957


Jika anda menyusuri Jl Karang Anyar 1, ada banyak depot bakso enak di kawasan ini. Salah satunya Bakso Arjuna 1957 yang terletak di Madani Land.

Menariknya, anda bisa memilih menu varian bakso di sini. Ada bakso blasting untuk pecinta kuliner pedas, ada bakso iga sapi, juga ada yang klasik. Berani mencoba ? datang saja ke Madani Land Jl Karang Anyar 1 Kota Banjarbaru.


Wisata kuliner di Banjarbaru tak lengkap jika anda tak mencoba kuliner bakso yang menggoda. Ada banyak depot bakso Banjarbaru, namun tidak semuanya cocok dilidah.

3. Bakso Gunung


Masih di kawasan yang sama Jl Karang Anyar 1 Banjarbaru ada depot bakso yang juga memiliki citarasa tak kalah enaknya. Bakso Gunung namanya. Anda bisa menikmati bakso dengan sajian yang unik di depot bakso yang satu ini.

Bagi anda yang suka dengan mie ayam, depot ini juga menyediakan menu mie ayam bakso.

Soal harga, relatif saja sebenarnya. Namun, saya akan berani bilang murah dengan kualitas dan kelezatan yang dirasakan saat kali pertama mencicipi bakso ini. Tertarik mencobanya ? silakan datang saja.


Wisata kuliner di Banjarbaru tak lengkap jika anda tak mencoba kuliner bakso yang menggoda. Ada banyak depot bakso Banjarbaru, namun tidak semuanya cocok dilidah.

4. Bakso Beranak Ala Chef Cabang Jakarta


Masih di kawasan yang sama, tak jauh dari depot bakso Arjuna, ada depot bakso enak yakni Bakso BEranak Ala Chef cabang Jakarta.

Di depot bakso ini, anda akan disuguhi beragam jenis bakso beranak. Mulai dari bakso beranak biasa yang isinya bakso kecil dan potongan sosis, ada juga bakso beranak mozarella yang diisi dengan keju lezat.

Selain itu ada juga bakso beranak Caesar yang disajikan dengan kulit bakso berbentuk mangkuk. Bagi pecinta pedas, anda juga bisa memesan bakso bernak mercon yang pedasnya meledak seperti mercon.

Penasaran kan pingin nyoba, datang aja langsung ke tkp di Jl Karang Anayar 1 Banjarbaru.


5. Bakso Cak Mat


Anda yang dekat dengan lokasi Jl Trikora Landasan Ulin, saya sarankan mencicipi bakso di depot bakso Cak Mat.

Depot ini baru berdiri awal tahun lalu. Tepatnya di Jl Trikora seberang pintu gerbang Jl Sidomulyo Raya.

Sebelumnya sang pemilik bakso ini berjualan dengan keliling menggunakan sepeda motor. Ada banyak karyawan yang dia berdayakan dalam usaha baksonya ini.

Saya biasanya cukup memanggil lewat telepon, maka salah satu penjual bakso cak mat akan datang ke rumah-rumah. Tapi bagi anda yang ingin menikmati bakso ini di depotnya langsung, bisa datang ke Jl Trikora Landasan Ulin Timur Banjarbaru.

Selain terkenal memiliki citarasa bakso yang lezat, bakso Cak Mat juga terkenal dengan harganya yang ramah di kantong. Karenanya, bakso ini jadi kegemaran emak-emak jika ada arisan atau acara yasinan. 


Oke, demikian.  Kita berharap akan ada banyak lagi inovasi menu varian bakso di Banjarbaru agar kita bisa terus icip-icip kuliner enak di Banjarbaru.  Semoga bermanfaat. 

6. Bakso & Mie Ayam Pak Min

Bakso Pak Min


Depot bakso yang buka mulai pukul 13.00 wita ini berada di jalan A Yani km 33 tepatnya di Jl RO Ulin nomor 03 Loktabat Kota Banjarbaru.

Karakter bakso di depot ini bertekstur agak renyah dan kenyal.  Kuahnya kaldunya pun cukup berasa rempahnya.  

Ada dua pilihan menu yang bisa anda santap di depot bakso dengan rating bintang 4.5 oleh 1.800 pengguna di Google.


7. Mie Ayam dan Bakso Raden Solo





Depot bakso yang satu ini berada di Jl. Golf Landasan Ulin Kota Banjarbaru.   Akses jalannya tepat berada di seberang SPBU Landasan Ulin.  

Bakso dengan karakter kuah bening ini banyak digemari pelanggan lantaran cita rasanya ya lezat.  Tempatnya yang bersih nyaman dijadikan tempat istirahat dengan parkir yang luas dan juga tersedia fasilitas mushola. 
[red]