Cara Mudah Membuat Disinfektan yang Tepat dan Aman Sendiri di Rumah

Cara Mudah Membuat Disinfektan yang Tepat dan Aman Sendiri di Rumah

Wabah Covid-19 telah mengajarkan kita akan pentingnya kebersihan atau sanitasi lingkungan. Salah satu menjaga kebersihan lingkungan melalui penyemprotan disinfektan di lingkungan sekitar kita.

Disinfektan ini adalah cairan pembersih yang mengandung konsentrasi bioksida tinggi. Cairan in dikenal lebih efektif membutuh bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati yang berpotensi menjadi perantara paparan infeksi virus maupun bakteri berbahaya.

Disinfektan umumnya diolah dari senyawa hidrogen peroksida, creosote ataupun alkohol. Tujuannya untuk mendesinfeksi atau membunuh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya di lingkungan.

Ingat, disinfektan digunakan hanya untuk membersihkan lingungan, bukan untuk disemprotkan pada tubuh.  Disinfektan hanya disemprotkan pada benda padat tidak disarankan disemprotkan pada benda lunak seperti kain, sebab bahan tersebut bisa menyerap cairan disinfektan.

Nah, berikut ini adalah cara membuat desinfektan yang tepat dan aman sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia WHO. Cara ini bisa anda lakukan di rumah secara mandiri.

Bahan-bahan Disinfektan


Jenis bahan disinfektan yang direkomendasikan sebenarnya cairan pemutih pakaian yang memiliki kandungan natrium hipoklorit. Atau bisa juga cairan pembersih karbol yang mengandung benzalkonium klorida. Kedua produk rumah tangga itu dianggap ampuh dalam membunuh mikroorganisme dengan spektrum luas.

Berikut adalah tabel beberapa bahan-bahan produk rumah tangga umum dan kandungan bahan aktifnya yang bisa digunakan dalam membuat disinfektan sebagaimana yang dirilis Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk disinfeksi virus corona atau covid-19.

Nama Produk  Bahan Aktif  Cara Pengenceran 
 Bayclin Lemon  Sodium Hypocholrite 5,25%  20 ml per 1 ltr air
 Bayclin Regular  Sodium Hypocholrite 5,25% 20 ml per 1 ltr air
 Dettol Antiseptic Liquid  Choloxylenol 4,8% 25 ml per 1 ltr air
 Dettol Pembersih Lantai  Benzalkonium Klorida 1,1856%  45 ml per 1 ltr air
 Proclin Pemutih Sodium Hypocholrite 5,25%  20 ml per 1 ltr air
 Mr. Muscle Pembersih Lantai  Benzalkonium Kloride 0,15%,
 Ethoxilated Linear Alcohol 0,6% 
 1 bagian dlm 1 bagian air
 Soklin Pemutih  Sodium Hypocholrite 5,25%  20 ml per 1 ltr air
 SOS Pembersih Lantai Antibacterial Benzalkonium Kloride 1% 50 ml per 1 ltr air
 Wipol Pembersih Lantai Cemara Pine oil 2,5% 1 bagian dlm 9 bagian air

Perlu anda ingat bahwa cairan pemutih pakaian bersifat kaustik dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan pada kulit. Selain itu, pemanfaatan cairan pemutih pakaian yang salah juga dapat mengeluarkan uap dan berisiko mematikan jika terhirup.

Oleh sebab itu, penggunaannya harus mencampurkan cairan pemutih pakaian dengan air bersih terlebih dahulu. Jangan mencampurkan caran pemutih pakaian dengan bahan kimia lain karena dapat membahayakan diri Anda.

Cara Membuat Disinfektan


1.  Pastikan terlebih dahulu tempat anda membuat ramuan disinfektan memiliki ventilasi udara yang baik.  Sebab cairan pemutih atau pembersih ini bisa saja mengeluarkan uap saat anda membuka tutup botolnya.
2.  Disarankan menggunakan sarung tangan dan masker atau tidak bersentuhan langsung dengan kulit.
3.  Siapkan ember, air bersih dan bahan disinfektan sesuai takaran di atas.  Campurkan larutan bahan disinfektar dan air bersih kedalam ember, lalu aduk hingga benar-benar larut tercampur dengan baik.
4.  Jika sudah, cairan disinfektan siap digunakan.  Dianjurkan penggunaannya menggunakan sprayer.  Jangan langsung semburkan air di ember tadi, karena anda mau membunuh mikroorganisme berbahaya bukan mengusir orang yang datang ke rumah.  Selamat mencoba, semoga bermanfaat.  [*/red]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Disinfektan yang Tepat dan Aman Sendiri di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel