7 Trend Pemasaran Online yang akan Mendominasi di 2016 Versi Forbes

INDUSTRI pemasaran online sangat kompleks, meski begitu marketing online salah satu yang menarik bagi siapa pun yang tinggal di atas tren modern. Setiap tahun, hardware baru, software baru, perusahaan baru, dan preferensi pengguna baru mendikte sejumlah perubahan besar yang baik bisa diadopsi atau diabaikan oleh bisnis dari dunia. Pengadopsi awal mendapatkan kaki di kompetisi, menarik ke pasar baru atau memperkuat reputasi mereka sebagai pemimpin industri, sementara mereka yang tertinggal kehilangan kesempatan kunci untuk mempertahankan posisi mereka.  Pada 2016 terlihat menjadi tahun yang besar untuk pemasaran online. Berikut trend marketing yang akan mendominasi pada 2016 yang dikutip dari laman Forbes, Minggu 6 Desember 2015.


INDUSTRI pemasaran online sangat kompleks, meski begitu marketing online salah satu yang menarik bagi siapa pun yang tinggal di atas tren modern. Setiap tahun, hardware baru, software baru, perusahaan baru, dan preferensi pengguna baru mendikte sejumlah perubahan besar yang baik bisa diadopsi atau diabaikan oleh bisnis dari dunia. Pengadopsi awal mendapatkan kaki di kompetisi, menarik ke pasar baru atau memperkuat reputasi mereka sebagai pemimpin industri, sementara mereka yang tertinggal kehilangan kesempatan kunci untuk mempertahankan posisi mereka.

Pada 2016 terlihat menjadi tahun yang besar untuk pemasaran online. Berikut trend marketing yang akan mendominasi pada 2016 yang dikutip dari laman Forbes, Minggu 6 Desember 2015.

1. Iklan Video Akan Mulai Mendominasi

Iklan video tentu hal yang baru, dengan saluran sosial seperti YouTube didedikasikan untuk pengguna miliaran video. Dan platform iklan seperti Facebook dan Bing sudah menawarkan pengiklan dengan pilihan video. 2016 ditetapkan menjadi berbeda karena Google akhirnya berada di papan atas dengan iklan video dalam-SERP. Ini adalah tanda bahwa pengguna menjadi lebih menerima iklan video online, dan sebagai tren yang terus berkembang, berharap untuk melihat lebih banyak jenis iklan video bermunculan di tempat yang lebih tak terduga.

2. App Mengindeks Akan Menyebabkan Ledakan Aplikasi

Google telah menawarkan pengindeksan app untuk sementara waktu, tetapi sebagai kemungkinan peringkat untuk aplikasi menjadi lebih kompleks. 2016 akan menjadi tahun pemilik bisnis yang menyadari visibilitas keuntungan online aplikasi khusus. Sebuah situs mobile-dioptimalkan bekerja untuk menarik segmen mobile, tapi segera, aplikasi akan mulai menggantikan segmen ini. Aplikasi dapat melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan website, dengan kelebihan lebih nyaman diakses. Diprediksi masih beberapa tahun lagi aplikasi sepenuhnya menggantikan website sebagai media, tetapi 2016 akan menjadi tahun yang penting dalam adopsi aplikasi dari perspektif pemilik bisnis.

3. Mobile Sepenuhnya Akan Mengganti Desktop

2015 adalah tahun yang besar untuk mobile. Google mengumumkan bahwa lalu lintas mobile akhirnya menyalip lalu lintas desktop 10 negara yang berbeda. Pada tahun yang sama mereka merilis "Mobilegeddon" update algoritma untuk phase out situs yang tidak dioptimalkan untuk mobile. Tapi rupanya, Anda tidak perlu memiliki situs desktop dioptimalkan selain versi-menurut mobile untuk Google, sebuah situs mobile tanpa versi desktop pun bisa diterima. Ini saja tidak akan cukup untuk menurunkan lalu lintas desktop, tetapi jelas Google memberi perhatian lebih pada aktifitas transaksi online.

4. Asisten Digital Jenis Baru Optimasi

Search engine optimization (SEO) dan pay-per-klik iklan (PPC) adalah dua strategi yang sangat populer untuk mendapatkan situs Anda dilihat oleh ribuan pengunjung yang sebelumnya tidak diketahui. Tapi munculnya asisten digital akan menyebabkan jenis baru optimasi. Asisten digital seperti Siri dan Cortana tidak memanfaatkan mesin pencari tradisional, tetapi hanya bila diperlukan untuk menemukan informasi. Kunci untuk mengoptimalkan dalam format baru ini adalah untuk memastikan informasi bisnis Anda mudah diakses oleh asisten ini, daripada mencoba untuk menarik orang ke situs Anda secara khusus.

5. Virtual Reality Akan Muncul


Ada puluhan perangkat virtual reality yang berbeda ditetapkan untuk rilis dalam beberapa tahun ke depan, beberapa di antaranya didedikasikan untuk aplikasi khusus seperti video game, dan lain-lain yang tersedia untuk penggunaan umum.

Oculus Rift, bisa dibilang perangkat VR paling hyped, ditetapkan untuk rilis pada kuartal pertama 2016. Oculus Rift dan perangkat lainnya VR akan memperkenalkan media baru seluruh iklan online, dengan integrasi untuk platform media sosial populer, saluran video, dan bahkan bentuk pesan langsung. Selalu ada kesempatan VR bisa semakin melemah sebagai mode sementara, tetapi ada miliaran dolar dana dalam limbo, siap untuk bertaruh sebaliknya.

6. Teknologi Wearable dan Internet Of Things (Iot) Akan Membuka Peta Baru

Meskipun tidak cukup untuk tingkat realitas virtual, perangkat "pintar" s mulai mendapatkan respon lebih di 2016. Ini melihat dari trend 2015 Apple Watch diluncurkan, jam tangan pintar generasi pertama. Akan tetapi perangkat yang lebih pintar dari ini diprediksi akan muncul pada 2016 mendatang. Perangkat tersebut akan mengubah peta pemasaran lokal, dan akan berbuat lebih banyak untuk mengaburkan garis antara marketing online dan marketing konvensional.

7. Iklan Akan Menjadi Lebih Mahal

Persaingan di dunia pemasaran online telah meningkat secara dramatis selama beberapa tahun terakhir. 2016 akan lebih meningkat lagi. Sebagai hukum dasar ekonomi menunjukkan, peningkatan permintaan sering disertai dengan kenaikan harga, sehingga semua orang pesaing pemasaran online baru akan mendorong harga untuk iklan online bahkan lebih tinggi. Realistis, iklan online cukup murah, tapi kenaikan harga dapat mendorong beberapa perusahaan yang lebih kecil.

Ketujuh tren bukan satu-satunya yang akan muncul tahun depan, tetapi beberapa dari trend-trend ini kemungkinan akan ada yang hadir paling signifikan. Tidak ada jaminan pasti kapan atau bagaimana tren ini akan terwujud, tergantung seberapa besar konsumen mengadopsi trend tersebut.

Namun, ada baiknya anda mulai mempersiapkan itu sejak dini. Setidaknya anda sudah menentukan teknologi mana yang akan anda gunakan dalam marketing online pada 2016 nanti. Semakin awal Anda memulai, semakin banyak waktu yang anda miliki untuk menuai keuntungan penuh dari strategi marketing anda tahun depan. Demikian, semoga bermanfaat. Mohon dihapunten kalau translatenya acak kadut, da abdi mah apa atuh… hukur tukang sasapu. []

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel