Bakso Pak Agus, Kenyal Menggoda

Kali pertama mencicipi bakso di Jl A yani Km25 Landasan Ulin ini, saya langsung jatuh hati.  Alasannya sederhana, karena enak.


BERI.WEB.ID - Pekan ini saya sudah tiga kali menikmati bakso pak Agus bareng keluarga. Kali pertama mencicipi bakso di Jl A yani Km25 Landasan Ulin ini, saya langsung jatuh hati. Alasannya sederhana, karena enak.

Dari sekian banyak gerai bakso, gerai yang terletak tak jauh dari Indomaret Landasan Ulin ini boleh dibilang memiliki citarasa bakso yang asik. Teksturnya yang baik, aromanya yang segar, membuat orang yang mencicipi bakso ini ingin datang lagi.

Soal harga, satu porsi bakso Pak Agus relatif standar. Kisaran Rp13.000 hingga Rp16.000 per porsinya. Tergantung anda memilih menu bakso urat biasa atau bakso urat spesial. Ada juga menu bakso urat keblinger (yang ini saya gak berani coba, jadi gak tahu rasanya seperti apa).

Sebenarnya tidak semua bahan yang disuguhkan seporsi bakso Pak Agus ini cocok dilidah. Ada beberapa yang menurut saya kurang maknyus. Khususnya terletak pada kuah yang diolah dengan beragam rempah-rempah. Untuk ukuran lidah saya, kuah bakso wajib sempurna, termasuk komposisi toping atau bahan tambahan seperti bawang goreng, daun saledri (orang banjar menyebutnya daun sop), garam dan penyedap rasa.

Kuah bakso yang uuueennaak menurut saya, selain diolah dengan bumbu rempah, juga wajib memiliki citarasa gurih dari tulang sapi. Sederhananya, kaldu kuah bakso ini paling enak jika diolah dari kaldu tulang sapi bagian yang memiliki sumsum.

Namun demikian, pengelola bakso Pak Agus ini rupanya cukup cerdik menyiasati kekurangannya itu. Mereka menambahkan irisan daging sapi berlemak secara terpisah, saya menyebutnya tetelan ke dalam hidangan bakso.

Untuk melengkapi citarasa saat menikmati bakso ini, anda juga bisa menambahkan beberapa pelengkap seperti kecap, sambal, saus, irisan jeruk dan kerupuk pangsit. 


Tapi bagi saya, bakso dengan rasa original (tanpa kecap dan saos) paling favorit. Selain saya kurang percaya dengan kecap dan saos berbotol, menikmati bakso original lebih bisa menikmati citarasa bakso itu sendiri. Bagaimana tertarik mencobanya ? jangan lupa ajak saya ya.

Update

Di lokasi tempat Bakso Agus ini, kini berubah menjadi depot bakso Sumber Makmur.  Soal rasa, tak kalah lezatnya.  

Ada banyak varian menu yang bisa anda nikmati.  Salah satu favorit saya, bakso mie yamin.  

Penyajian bakso Sumber Makmur ini juga lebih cantik.  Mangkuk bakso dipisah dengan mangkuk mie.  Selamat mencoba.  [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel