Garang Asem Banjarbaru, Nikmatnya Bikin Kangen Ibu

Bagi anda orang Jawa Tengah, kuliner tradisional ini mungkin tak asing lagi.  Ya, Garang Asem adalah kuliner khas Jawa Tengah. Setiapkali saya ingat kuliner ini, angan saya selalu terkenang kangen ibu


BERI.WEB.ID - Bagi anda orang Jawa Tengah, kuliner tradisional ini mungkin tak asing lagi. Ya, Garang Asem adalah kuliner khas Jawa Tengah. Setiapkali saya ingat kuliner ini, angan saya selalu terkenang kangen ibu mertua orang Sragen Jawa Tengah. Saya biasa memanggil ibu yang satu ini dengan sebutan sayang Mbah Uti (Mbah Putri).

Mengapa bisa membuat saya kangen Mbah Uti ? Karena di keluarga saya, yang biasa menyuguhkan kuliner ini hanya beliau. Jika tidak ada, maka biasanya ipar yang jago masak, Bude Yayuk yang mengolah kuliner ini. Hasil masakan Garang Asem dua generasi ini persis, baik rasa maupun penyajiannya. Jika bukan Garang Asem Ayam Kampung, maka pilihan keduanya Garang Asem Ikan Lele, Nila atau ikan Mas.

Beberapa minggu lalu saya sempat membeli kuliner ini di Banjarbaru. Lebih tepatnya sih meminta ibu teman saya memasak Garang Asem, dan saya numpang makan saja ....hehehe. 


 Nikmatnya memang khas, satu suapan saja, saya langsung teringat orang yang pertama kali menyuguhkan kuliner ini, Ibu mertua Mbah Putri, semoga Allah SWT selalu melimpahkan keberkahan bagi beliau. Saya pun sempat berfikir, seandainya ada warung yang menyediakan kuliner ini, mungkin saya yang akan menjadi pelanggannya.

Mengolah Garang Asem sebenarnya sederhana. Masakan olahan ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang ini memiliki citarasa gurih, asam dan pedas. Untuk mengolahnya ada beberapa resep rahasia yang harus anda ketahui.

Bahan-bahan Garang Asem :

-  1 ekor ayam kampung, dipotong-potong dan cuci bersih.
-  9 - 10 buah belimbing wuluh, potong menjadi beberapa bagian.
-  50 siung cabe rawit, sesuai selera.
-  5 - 6 lembar daun salam di iris jangan terlalu kecil
-  2 cm lengkuas silakan di iris
-  Daun pisang, lidi jika tidak ada steples
-  Gula pasir dan garan secukupnya
-  Santan dari 1 butir kelapa.
-  2 buah jeruk nipis untuk diambil airnya
-  10 siung bawang merah
-  5 siung bawang putih
-  5 butir kemiri (disangrai)
-  1 Sendok teh lada bubuk/merica
-  3 butir tomat di iris kecil kecil (tidak wajib ada)
-  2 cm jahe

Cara Mengolah Garang Asem


Ambil daging ayam yang telah di potong tadi, sebaiknya jeroan-nya dipisah saja, dan rendam dengan perasan air jeruk nipis kurang lebih 15 menit.

Halus-kan cabai, bawang merah dan putih, kemiri dan jahe dengan cara di uleg atau di tumbuk bersama garam, gula, penyedap rasa

Ambilah Daun pisang dan siapkan lidinya, bungkuslah potangan ayam tadi bersama bumbu yang telah di halus-kan dan masukan irisan belimbing wuluh, daun salam, irisan tomat, irisan lengkuas serta masukan santan sebagai kuah-nya. Silakan anda kira kira sendiri mau di jadikan berapa bungkus pastikan semuanya kebagian bumbu.

Setelah selesai di bungkus semua, sekarang langkah terakhir yaitu di kukus kira kira 1 jam pastikan dagingnya sudah empuk dan aroma sedap asem-nya mulai tercium, silakan ambil 1 bungkus saja dan coba cicipi, kalau belum empuk dagingnya berarti belum matang. Jika sudah empuk, Garang Asem olahan anda berarti siap disantap. Jangan lupa undang saya makan ya. Selamat mencoba. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel