Harus Tahu, Begini Trik Memaksimalkan Whatsapp untuk Smartphone

hingga sekarang belum banyak pengguna mengetahui cara memaksimalkan aplikasi whatsapp untuk smartphone.

BERI.WEB.ID - Dari sekian banyak aplikasi chatting, whatsapp tercatat sebagai aplikasi paling banyak digunakan di Indonesia. Namun begitu, hingga sekarang belum banyak pengguna mengetahui cara memaksimalkan aplikasi whatsapp untuk smartphone. Berikut trik-trik memaksimalkan whatsapp untuk smartphone.

Menggunakan Akun yang Sama dengan Nomor Berbeda

Ketidakpuasan pengguna internet terhadap layanan provider mungkin jadi alasan banyak orang mengganti nomor telepon. Meskipun sebenarnya tidak sedikit pula mereka yang bertahan dengan nomor telepon lama dengan alasan sudah terlanjur tersingkronisasi dengan aplikasi di smartphone seperti aplikasi chatting whatsapp.

Pada aplikasi whatsapp, ini bukanlah persoalan. Sebab pengguna bisa dengan mudah mengganti nomor telepon dengan tetap penggunakan akun yang sama. Caranya cukup mudah, and masuk pada pengaturan whatsapp. Kemudian klik pada bagian akun bertanda kunci warna biru. Selanjutnya anda ganti nomor anda dan ikuti petunjuknya hingga selesai.




Menandai Pesan Penting dengan Bintang


Banyaknya pesan masuk lewat whatsapp seringkali membuat bingung sendiri saat harus mengingat-ingat pesan penting tertentu. Tak jarang kita harus memcari satu pesan dari tumpukan banuak pesan di whatsapp ataupun grup whatsapp.

Nah, pada whatsapp sebenarnya ada fitur untuk memudahkan anda membuka lagi pesan penting yang masuk. Caranya, tandai pesan dengan bintang. Bagi pengguna iphone, cukup tekan pesan penting yang ingin ditandai, lalu rendam hingga muncul pilihan bertanda bintang, lalu klik tanda bintang.

Nah untuk membaca pesan yang anda tandai bintang tadi, anda cukup buka pengaturan grup, lalu ketuk tanda bintang. 


Menghemat Data, Matikan Unduh Otomatis

Fitur yang satu ini seringkali dilupakan pengguna whatsapp. Padahal tak jarang pengguna mengeluhkan borosnya penggunaan data internet pada aplikasi whatsapp. Bebasnya orang mengirim gambar bahkan video pada whatsapp membuat aplikasi ini boros data internet.

Untuk menghemat penggunaan data internet pada whatsapp, ada triknya. Cukup anda matikan fitur “Unduh Otomatis” pada aplikasi whatsapp. Caranya buka pengaturan, tekan penggunaan data, lalu matikan satu persatu pilihan download otomatis media mulai dari foto, suara hingga video.

Manfaat mematikan fitur ini, aplikasi anda tidak langsung mengunduh pesan media baik gambar atau video yang masuk pada whatsapp. Untuk mengunduh video atau gambar yang masuk, anda cukup melakukannya secara manual dengan cara menekan pesan yang masuk.

Memindahkan Percakapan ke Perangkat Baru


Khawatir tidak bisa memindahkan history chat saat mengganti smartphone bukan masalah pada aplikasi whatsapp. Sebab anda cukup mencentang pilihan backup pada aplikasi whatsapp. Ganti smatphone, chat anda akan tetap tersimpan di history. Untuk menggunakan fitur ini, anda harus masuk chat settings, lalu pilih Backup Conversations.

Sebelum menentukan kemana history chat akan dipindahkan, pastikan apakah smartphone memiliki slot microSD atau tidak. Jika ya, anda cukup menyimpannya di sana. Jika tidak, lakukan backup secara manual dari data folder whatsapp.

Mengetahui Status Pesan


WhatsApp telah banyak memudahkan penggunanya. Salah satunya memudahkan mengetahui status pesan yang dikirim. Tanda centang biru untuk pesan terkirim dan sudah dibaca.

Lalu bagaimana jika anda mengirim pesan di grup ? Untuk mestikan siapa saja yang menerima pesan dan membaca pesan anda, cukup tekan pesan yang dimaksud lalu pilih info dengan kode (i) di atas layar. Bagi pengguna iphone, cukup tekan pesan lalu geser kesamping.

Menghindari Centang Biru

Tanda centang biru pada whatsapp artinya pesan sudah terkirim dan dibaca penerima pesan. Nanun di whatsapp anda bisa membaca pesan tanpa ketahuan si pengirim dengan trik ini.

Caranya pada saat menerima pesan, jangan buka pesan tersebut, lalu maikan koneksi internet kemudian buka kembali WhatsApp dan baca pesannya.

Jika sudah membaca, sambungkan kembali koneksi internet dan lihatlah tanda pesan masih centang abu-abu.

Mengembalikan Pesan Terhapus

Upss...! pesan terhapus. Tenang saja, di whatsapp, pesan yang tak sengaja terhapus bisa dikembalikan dengan trik ini.

Caranya gunakan aplikasi ES File Explorer, selanjutnya akses sdcard/WhatsApp/Databases untuk melihat backup. Jangan lupa mengubah nama file menjadi msgstore.db.crypt dan masuk ke Setting lalu pilih Apps dan Clear Data. Chat yang sebelumnya terhapus biasanya kembali lagi. Kalau tidak kembali, ya ikhlaskan saja. Semoga bermanfaat. Punya trik lainnya ? Silakan tulis di kolom komentar ya. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel