Desain Ruang Kerja Minimalis yang Nyaman dan Fungsional

Desain ruang kerja sebenarnya tak cukup hanya mengedepankan keindahan. Faktor fingsional ruang kerja dan kenyamanan merupakan salah satu yang harus menjadi bahan pertimbangan saat mendesain ruang kerja. Sebab, dua faktor itu yang akan mendukung suasana kerja di ruang kerja anda.


BERI.WEB.ID - Desain ruang kerja sebenarnya tak cukup hanya mengedepankan keindahan. Faktor fungsional  dan kenyamanan ruang kerja merupakan salah satu yang harus menjadi bahan pertimbangan saat mendesain ruang kerja. Sebab, dua faktor itu yang akan mendukung suasana kerja di ruang kerja anda. 

Kesan minimalis bukan berarti minim fungsi. Namun lebih kepada desain modern yang meminimalisir peralatan yang tidak diperlukan di ruang kerja. Pemilihan furniture, penataan ruang dan pencahayaan akan sangat berperan penting dalam mendesain ruang kerja yang nyaman.

Beberapa tips mendesain ruang kerja minimalis berikut ini mungkin akan membantu anda mencari inspirasi bagaimana mendesain ruang kerja yang nyaman dan fungsional.

1.  Milih Furniture untuk Ruang Kerja


Memilih furniture untuk ruang kerja, sebaiknya sesuaikan dengan tema dan luas ruangan.  Terlalu banyak menyita ruang akibat volume furniture yang berlebihan akan membuat ruang kerja anda sumpek.  Maka, pilihlah sesuai kebutuhan ruangan dengan tema modern.

Jika dibutuhkan, tempatkan satu unit sofa yang bisa anda gunakan untuk menjeda aktifitas kerja anda.  Pastikan pemilihan sofa tepat, sehingga saat anda beralih dari kursi kerja utama ke sofa, anda akan merasa lebih rilleks.

2.  Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Ruang Kerja

Faktor pencahayaan ini paling penting dalam mendesain ruangan.  Pencahayaan yang cukup akan membuat anda betah berlama-lama di ruang kerja.  Begitu pula sirkulasi udara yang baik akan membuat anda tetap dalam keadaan segar dan bersemangat karena oksigen di ruang kerja terjaga dengan baik.

Hanya mengandalkan pendingin udara saja tidak cukup baik untuk ruangan.  Terkadang anda perlu membuka jendela dan menghirup segarnya udara luar dari dalam ruangan.  

3.  Atur Perlengkapan Ruang Kerja

Posisikan perlengkapan dengan rapi agar anda merasa nyaman memandangnya.  Cukup letakan monitor di atas meja jika anda menggunakan PC.  Jika tidak, cukup tempatkan laptop yang lebih mobile dan bisa anda pindah-pindah sesuai keinginan.

Usahakan tidak terlalu banyak peralatan baik alat tulis maupun benda-benda lainnya lainnya dia atas meja.  Begitupula dengan dokumen kerja.  Cukup anda tempatkan yang ingin anda selesaikan dalam waktu singkat saja.  Jika sudah selesai, anda bisa menukar dokumen yang sudah selesai dengan yang harus dikerjakan lagi.

Terlalu banyak dokumen dan benda-benda yang sebenarnya tidak perlu di atas meja hanya akan menambah beban pandangan anda.  Imbasnya, konsentrasi anda tidak akan fokus pada solusi, namun hanya fokus pada beban di depan mata.

4.  Memilih Warna Ruang Kerja

Pastikan pemilihan warna ini sesuai tema dan kesukaan anda.  Meskipun warna memiliki filosofi, namun faktor kesukaan akan lebih banyak membantu mendukung suasana kerja anda.  

Berikut contoh-contoh ruang kerja minimalis yang nyaman dan fungsional:


























Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel