Kuliner Khas Kalimantan Selatan yang Dikenal Enak dan Kebal Zaman

Ngomongin pulau borneo zaman now gak sekedar soal emas hitam batubara dan objek wisatanya saja, namun juga kuliner khas Kalimantan Selatan yang dikenal enak.


BERI.WEB.ID - Ngomongin pulau borneo zaman now gak sekedar soal emas hitam batubara dan objek wisatanya saja, namun juga kuliner khas Kalimantan Selatan yang dikenal enak.  Menariknya, meski zaman kian modern, kuliner khas Kalimantan Selatan ini tetap mempertahankan identitas tradisionalnya alias kebal dengan perkembangan zaman.

Meski begitu, justru identitas itulah yang tetap menjadi daya tarik kuliner khas Kalimantan Selatan.  Buktinya, hingga kini kuliner khas Kalimantan Selatan tetap menjadi favorit para penikmat kuliner.

Berikut beberapa kuliner khas Kalimantan Selatan yang dikenal enak dan kebal zaman :

Ngomongin pulau borneo zaman now gak sekedar soal emas hitam batubara dan objek wisatanya saja, namun juga kuliner khas Kalimantan Selatan yang dikenal enak.


1.  Nasi Itik Gambut

Kuliner ini harus diakui sudah menasional.  Rekan saya yang pernah menginjakan kaki di Kota Banjarmasih, selalu teringat dengan Nasi Itik Gambut.  

Kuliner berbahan dasar itik Alabio ini memang khas di Kota Banjarmasin.  Dimasak dengan bumbu rempah habang (bumbu merah,red) kuliner ini mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung di daerah ini.  Nasi Itik Gambut umumnya disajikan dalam bungkus daun pisang.  Namun ada juga yang menyuguhnya dengan piring seperti makan pada umumnya.

Nah, jika anda tertarik mencoba kuliner ini, datanglah ke Gambut.  Di sepanjang Jl A Yani Gambut warung nasi itik Gambut.  Namun yang familiar biasanya Tenda Biru.  Jika dari Banjarmasin menuju Banjarbaru, letaknya sebelah kiri, sebelum SPBU Gambut.

Gambut sendiri sebenarnya nama sebuah Kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.  Daerah ini berada di antara Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Gambut merupakan daerah penyangga dua kota tersebut.  Sebagian besar kawasan ini merupakan lahan rawa.

2.  Tapai Gambut



Selain dikenal dengan kuliner Nasi Itik, Gambut juga dikenal dengan kuliner khasnya.  Tapai Gambut.  Kuliner berbahan dasar ketan dan singkong ini dikenal manis, berair dan anti bahan pengawet.  Semua bahan dasar Tapai Gambut bersumber dari tumbuhan. 

Ada dua jenis Tapai Gambut, yang membedakan keduanya adalah dari bahan dasarnya.  Yakni dari beras ketan dan singkong.  Layaknya Tapai, kuliner ini diolah lewat proses fermentasi.  

3.  Soto Banjar

Ngomongin pulau borneo zaman now gak sekedar soal emas hitam batubara dan objek wisatanya saja, namun juga kuliner khas Kalimantan Selatan yang dikenal enak.Kuliner berkuah ini benar-benar kaya akan rempah-rempah.  Dihidangkan dengan irisan ketupat, suwir ayam, daun bawang, daun sop, bawang goreng dan telur itik, kuliner ini memang maknyus.

Kuliner ini juga bisasanya dihidangkan dengan mihun dan sate ayam.  Kuahnya pun benar-benar penuh isi.  Ada irisan wortel, ada juga ditambah dengan pelengkap perkedel kentang atau singkong.  Dan sejak dahulu, kuliner ini tetap dengan ciri khasnya sendiri.

Dibanding dengan soto-soto lainnya, citarasa kuliner ini benar-benar klop untuk lidah orang sunda seperti saya.  Apalagi lidah orang Banjar, Soto Banjar ini cukup membuat lupa segalanya.  Ahahaha... lebay.  

4.  Dodol Kandangan

Ngomongin pulau borneo zaman now gak sekedar soal emas hitam batubara dan objek wisatanya saja, namun juga kuliner khas Kalimantan Selatan yang dikenal enak.

Kandangan adalah Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Kota ini mempunyai makanan khas yang terkenal, seperti dodol kandangan. Dodol kandangan adalah kuliner khas Kalimantan Selatan yang dikenal enak dan kebal Zaman.

Dodol ini memiliki tekstur yang lembut dan lebih legit dibanding dodol pada umumnya.  rasa manis dari dodol Kandangan ini pun terbilang tak berlebihan.  Jadi bagi anda yang ingin mengurangi konsumsi gula, bolehlah mencicipi kuliner ini dalam jumlah terbatas saja.  

Anda punya saran kuliner khas lainnya ? silakan tuliskan di komentar, nanti saya cicipi.  Terima kasih.  Selamat menikmati.  [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel