Mie Bancir, Mie Khas Banjarmasin


Kalimantan Selatan memiliki warisan kekayaan kuliner yang unik.  Salah satunya Mie Bancir, mie khas Banjarmasin.  Disebut khas, karena mie ini hanya dibuat oleh orang asli Banjarmasin.  Disebut Bancir (bencong,red) karena mie ini disajikan dalam kondisi tanggung.  Disebut mie kuah bukan, mie goreng juga bukan.  Kuah yang kental membuat Mie Bancir terlihat tak berkuah, padahal berkuah.
Mie Bancir sebenarnya tak jauh berbeda dengan mie pada umumnya.  Mie ini memiliki tekstur lebih kenyal, berukuran lebih besar dari biasanya.  Bahan baku mie bancir ini biasa juga dipakai untuk mengolah mie yamin khas Banjarmasin.
Jujur, ini kali pertama saya mencicipi kuliner ini.  Saya mencoba menikmati kuliner ini di restoran Mie Bancir Agus Sasirangan di Jl Panglima Batur, Kota Banjarbaru.  Anda harus menunggu beberapa menit setelah memesan menu.  Beruntung konsep rumah makan ini asik, sehingga pengunjung tidak cepat bosan.


Soal rasa, ini soal selera.  Saya kurang begitu bisa menikmati yang tanggung-tanggung.  Saya pesan Mie Bancir Ayam Bapukah.  Di daftar menu, saya lihat, sepertinya menu itu yang paling istimewa.  Sebab harga seporsi Mie Bancir ayam bapukah ini paling mahal dari daftar yang diperlihatkan pramusaji.  Dan rekomendasi dari pramusajinya pun begitu.
Sekali lagi, soal rasa tentu saja ini soal selera.  Meski lidah saya belum terbiasa, namun jika melihat banyaknya pengunjung, anda sudah bisa menilai sendiri.  Kebanyakan mereka yang datang memang anak muda dan pelajar.  


Mi Bancir yang saya pesan disajikan bersama kuah soto Banjar, potongan ayam yang dimasak bersama soto, irisan telur, daun saledri serta pelengkap irisan jeruk purut.  Disantap dengan sambal, ditemani jus sirsak. 
Soal harga, anda tidak perlu khawatir.  Banyak varian menu dengan ragam harga yang ditawarkan.  Anda bisa memilih menu sesuai selera dan kantong anda. 
Saat anda membayar, anda tidak perlu kaget jika jumlah yang harus anda bayar lebih besar 10 persen dari harga menu yang anda pesan.  Pengelola Mie Bancir ini rupanya membebankan pajak restoran langsung kepada pengunjung yang datang.  Semoga bermanfaat.  [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

https://www.beri.web.id/search/label/Tempat%20Makan