Apple, Perusahaan Teknologi Pertama Bernilai US$ 1 Triliun

Apple berhasil membuat capaian sejarah. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini menjadi perusahaan teknologi pertama bernilai US$ 1 Triliun atau setara Rp14.400 triliun pada Rabu (1/8/2018).

Apple berhasil membuat capaian sejarah. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini menjadi perusahaan teknologi pertama bernilai US$ 1 Triliun atau setara Rp14.400 triliun pada Rabu (1/8/2018).

Apple berhasil menjaga kinerja keuangan posisitf bahkan melebihi ekspektasi analis pada kuartal III fiskal 2018. Saham produsen iPhone ini terdongkrak naik hingga menyentuh level US$ 207,05 per unit atau naik 20 persen.
Dalam memo internalnya, CEO Apple Tim Cook mengatakan capaian ini patut dibanggakan, meski bukan yang terpenting. Kinerja keuangan ini merupakan buah dari kerja cerdas dan kerja keras Apple.

Apple berhasil mendahului perusahaan-perusahaan rival diantaranya Amazon, Alphabet (perusahaan induk Google), Facebook dan Microsoft.

Saham Apple melonjak setelah melaporkan laba yang melampaui perkiraan dan prospek yang sehat pada Rabu lalu. Apple naik melampaui level triliun berkat penjualan iPhone 8 dan X, khususnya di China dan Jepang, serta pendapatan layanan yang melonjak dari App Store. Apple juga mendapat manfaat dari euforia investor di sekitar sektor teknologi.

Amazon (AMZN), pemilik Google Alphabet (GOOGL) dan Microsoft (MSFT) juga mencapai rekor tertinggi tahun ini. Amazon bernilai hampir USS900 miliar sementara Google dan Microsoft masing-masing sekarang bernilai lebih dari US$800 miliar.

Meski begitu, Apple bukan perusahaan pertama yang memiliki valuasi US$ 1 triliun. Pada 2007, perusahaan minyak dan gas PetroChina milik pemerintah Negeri Tirai Bambu telah mencapainya. Meski, valuasi PetroChina sendiri kini telah kembali menurun dan terakhir bernilai kurang dari US$ 500 miliar, di bawah Alibaba. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel