Pemerintah Selandia Baru Melarang Orang Asing Membeli Properti di Negaranya, ini Alasannya

Pemerintah Selandia Baru mengeluarkan kebijakan tegas dengan melarang warga asing membeli properti di negaranya.  Kebijakan ini bahkan dituangkan pemerintah dalam perubahan UU investasi luar negeri Selandia Baru yang membatasi pasar perumahan.


Pemerintah Selandia Baru mengeluarkan kebijakan tegas dengan melarang warga asing membeli properti di negaranya.  Kebijakan ini bahkan dituangkan pemerintah dalam perubahan UU investasi luar negeri Selandia Baru yang membatasi pasar perumahan.

Alasannya, karena lonjakan harga properti membuat rakyat Selandia Baru tidak mampu memiliki properti di negaranya sendiri.  Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern seperti dilansir republika.co.id, Jumat (17/8/2018) berjanji akan menekan pembelian properti oleh orang asing.

Lembaga Kebijakan Publik Selandia Baru, Demographia menyebut Auckland merupakan kota terbesar di Selandia Baru dan kini menjadi salah satu tempat paling terjangkau untuk membeli rumah di dunia.

Imbasnya, harga rumah relatif meningkat dua kali lipat beberapa dekade terakhir. Bahkan, bank sentral Selandia Baru mengungkap kenaikan harga rumah tahun ini mencapai 5 persen akibat aksi borong properti oleh orang asing. 

Statistik resmi Selandia Baru merilis sebagian besar dari orang asing yang memborong properti  merupakan warga dari China. Memang, kepemilikan asing terhadap properti itu belum cukup tinggi, persentasneya tak lebih dari tiga persen dari total transaksi properti.

Selandia Baru memang menjadi tempat retret atau tempat mencari ketenangan paling populer bagi orang- kaya di dunia. Salah satu contohnya adalah investor miliarder dunia, Peter Thiel dan Matt Lauer.

Tak hanya Selandia Baru, negara tetangga Australia rupanya juga memperlambat laju harga properti di negaranya dengan menerapkan kebijakan serupa. Dampak kebijakan itu, harga rumah di Australia mulai turun sejak tahun lalu.  Bagaimana dengan Indonesia ? kita akan tunggu saja.  [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

https://www.beri.web.id/search/label/Tempat%20Makan