Systrom dan Krieger, Dua Pendiri Instagram ini Memutuskan Hengkang

Dua pendiri instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger dikabarkan hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Keduanya akan meninggalkan instagram dalam waktu dekat ini.


Dua pendiri instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger dikabarkan hengkang dari perusahaan yang didirikannya.  Keduanya akan meninggalkan instagram dalam waktu dekat ini.

Menurut sumber orang terdekat yang tak ingin identitasnya diungkap mengatakan, Systrom yang hingga kini menjabat  CEO dan Krieger sebagai CTO Instagram ini mengungkapkan keputusannya untuk hengkang kepada tim Instagram dan Facebook, Senin (24/9/2018).  

Dikutip dari laman The New York Times, dua pendiri Instagram ini tak menjelaskan apa alasan sebenarnya mereka hengkang dari perusahaan yang kini semakin berkembang itu.  

Namun kabarnya, keputusan bakal hengkang dari perusahaan yang didirikannya itu memang sudah diniatkan sejak lama.

Hingga kini, keputusan dua pendiri situs jejaring sosial berbagi foto dan video itu masih menjadi tanda tanya netizen.  Pasalnya, bagaimana nanti masa depan layanan berbagi foto dan video pendek ini. 




Sekedar mereview kebelakang, Systrom dan Kriegere sudah kenal sejak 2010.  Pertemuannya bermula dari sebuah proyek piranti lunak yang dikembangkan Kevin Systrom.  

Proyek itulah yang kemudian berkembang menjadi Instagram yang hingga kini sudah memiliki lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia.

Pertama kali dikembangkan, proyek ini merupakan layanan berbagi lokasi bernama Burbn. Krieger merupakan salah satu pengguna aktif yang mengagumi Burbn.  Singkat cerita, ia bertemu dengan Systrom pada sebuah program di Stanford University.

Dari pertemuan tersebut, keduanya kemudian sepakat untuk bekerja sama dan mengembangkan Burbn sebagai cikal bakal kelahiran INstagram.

Sebelumya, Pemilik Facebook Mark Zuckerberg mengakuisisi Instagram pada 2012 senilai US$1 miliar. Saat itu, Instagram baru memiliki 30 juta pengguna.  Jumlahnya semakin tumbuh seiring proses akuisisi. 

Muak dengan Zuckerberg

Awalnya memang tidak jelas apa sebenarnya alasan dua pendiri instagram ini hengkang.  Namun belakangan, ternyata salah satu alasan utamanya karena mereka sudah muak dengan CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Sumber NBC dikutip dari detikINET mengatakan Systrom dan Krieger marah pada berbagai kebijakan Zuck yang lebih menguntungkan Facebook, namun merugikan Instagram. 

"Systrom sangat muak pada Mark," kata salah seorang pegawai Instagram.

Saat Zuck membeli Instagram katanya, ia menjanjikan kedua jejaring sosial akan selalu berdiri sendiri-sendiri.  NAmun semakin lama Instagram dan Facebook justru dicampuradukan.

Puncaknya ketidak harmonisan dua pendiri jejaring sosial terbesar di dunia ini terjadi pada bulan Mei.  Yakni saat orang kepercayaan Zuck yakni VP News Feed Facebook, Adam Mosseri, ditunjuk menggantikan VP of Product Instagram, Kevin Weil. PRaktis cengkeraman Facebook pada Instagram semakin kuat.

Kedatangan Adam dinilai kepanjangan tangan Zuck. Bahkan gosip beredar suatu saat dia  akan menggantikan kedudukan 
Systrom dan Krieger.

"Mark adalah ahli strategi dan tentu saja dia akan memasukkan seseorang ke Instagram," sebut sumber terkait.


Kevin sendiri menygatakan misinya sudah tercapai di Instagram. Salah satu alasan bergabung dengan facebook adalah agar instagram bisa tumbuh lebih cepat dibanding saat instagram berdiri sendiri.  Dan misi ini kata dia, sudah tercapai, bahkan melebihi ekspektasinya.  

Hengkang Setelah Menjadi Miliuner

Kevin Systrom dan Mike Krieger mungkin tak akan menyesal meninggalkan Instagram. Sebab keputusannya itu tak akan sampai mereka kekurangan uang dalam waktu yang lama.

Betapa tidak, menurut catatan Forbes, Kevin Systrom memiliki kekayaan yang tak sedikit. Harta terkininya tercatat mencapai USD 1,4 miliar atau sekitar Rp20,8 triliun.

Sementara kekayaan Mike Krieger seperti dikutip dari BBC diperkirakan antara USD 100 juta hingga USD 500 juta. Jumlah yang tak sedikit untuk menikmati masa tua. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

https://www.beri.web.id/search/label/Tempat%20Makan