Mengamankan Akun Instagram, Begini Cara yang Ampuh

Pengguna jejaring sosial instagram (IG) kian meningkat. Namun sayang, sebagian besar pengguna IG tidak tahu bagaimana mengamankan akun mereka dari ulah jahil.


Pengguna jejaring sosial instagram (IG) kian meningkat. Namun sayang, sebagian besar pengguna IG tidak tahu bagaimana mengamankan akun mereka dari ulah jahil.

beri.web.id --- Aksi pencurian akun di dunia media sosial bukan hal yang baru. Platform media sosial populer selalu menarik banyak orang untuk mencari tahu titik lemahnya. Termasuk diantaranya Instagram.

Kasus meretas akun IG juga banyak dialami para pengguna. Peristiwa ini umumnya diketahui setelah mereka tak bisa lagi mengakses akun IG.

Penuturan para korban, setelah diambil alih, akun IG mereka berubah nama dan profil lengkap mereka menjadi profil baru. Alih-alih bisa mengambil alih kembali akun yang telah diretas, penggnuna yang menjadi korban bahkan tak bisa lagi memulihkan akses pada akun IG.

Nah, bagi kamu yang memiliki akun IG, bisa melakukan antisipasi pencurian akun dari perusahaan keamanan Kaspersky berikut ini.

  1. Hindari mengklik tautan yang mencurigakan 
  2. Periksa alamat laman, ketika Anda ingin memasukkan informasi pribadi 
  3. Gunakan aplikasi resmi sumber terpercaya 
  4. Jangan bagikan info login akun dengan aplikasi pihak ketiga.
  5. Hindari password dengan kombinasi kata yang mudah ditebak. Pakailah kombinasi angka, huruf kapital dan kecil.
  6. Manfaatkan fitur verifikasi 2 langkah, dan 
  7. Jangan pernah memberitahukan password kepada siapapun.

Menurut Kaspersky, selama ini memang ini tidak ada data valid tentang bagaimana pelaku mendapatkan akses ke profil Instagram orang lain. Namun, umumnya dilakukan melalui serangan phishing.

Selama 2018, Kaspersky Lab mengaku telah mencegah lebih kurang 68.000 upaya untuk mengunjungi halaman phishing lewat penyalahgunaan Instagram. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel