Seperti inilah Tampang Suzuki Ertiga dengan Logo Toyota

Kolaborasi Suzuki dan Toyota berkolaborasi memproduksi mobil baru.  Dua pabrikan Jepang ini membidik pasar otomotif India dan Afrika.  Indonesia ?


Kolaborasi Suzuki dan Toyota berkolaborasi memproduksi mobil baru.  Dua pabrikan Jepang ini membidik pasar otomotif India dan Afrika.  Indonesia ?

beri.web.id - Suzuki dan Toyota telah berkolaborasi untuk memasok model unggulan dengan harga kompetitif. Kedua pabrikan Jepang hari ini mengumumkan bahwa mereka ingin memperluas cakupan kerja sama mereka. Pada tahap awal, Maruti Suzuki akan memasok sedan menengah Suzuki Ciaz dan Suzuki Ertiga ke Toyota untuk pasar India dan Afrika.

Suzuki Ertiga buatan Toyota dalam render kemungkinan akan memiliki bodi dan dimensi yang serupa dengan model aslinya. Tampak perbedaan pada muka depan dengan model gril yang terpisah dan logo Toyota berada di tengah. Lampu depan pun sedikit berbeda dengan model mirip Suzuki Baleno. Lampu kabut dan desain bumper mirip dengan Ertiga.

Sementara itu, tidak ada batas waktu kapan versi Toyota dari model Maruti akan mulai dijual. Toyota telah mengkonfirmasi Suzuki Vitara Brezza akan diproduksi di pabrik Toyota Kirloskar Motor di Bidadi, Karnataka, India mulai 2022. 

Seperti diberitakan, versi Toyota dari hatchback Maruti Suzuki Baleno akan mulai dijual 2019 sebagai model pertama dalam kolaborasi tersebut. Sesuai dengan ketentuan kemitraan, Toyota juga akan memasok Corolla Altis ke Maruti Suzuki meskipun kemungkinan mulai dijual 2020.

Pengumuman terbaru juga menyebutkan rencana untuk memanfaatkan kehandalan Suzuki dalam mengembangkan mobil penumpang di India. Kedua produsen akan bekerja sama untuk mengembangkan MPV segmen C Suzuki yang dipasok ke Toyota. Akan menarik untuk melihat bagaimana MPV baru diposisikan berhadapan dengan Ertiga.

Kedua produsen juga akan membuat dorongan besar untuk mobil hybrid dan listrik dengan lokalisasi sistem hybrid, mesin dan baterai. Toyota juga akan memasok sistem hybridnya ke Suzuki. Suzuki, Toshiba dan Denso telah berinvestasi di pabrik baterai di Gujarat.

Di luar India, Toyota dan Suzuki akan bermitra di Eropa. Toyota akan mengadopsi mesin kecil Suzuki untuk mobil kompaknya, adapun Toyota akan memasok dua mobil listrik, Toyota RAV4 dan Toyota Corolla ke Suzuki.

Meski ada kerjasama dua produsen, Toyota dan Suzuki mengklaim akan bersaing secara adil dan bebas di pasar. Dalam pernyataannya, Presiden Toyota Akio Toyoda mengatakan, "Perluasan kemitraan bisnis kami akan memberi kami keunggulan kompetitif yang kami butuhkan."  (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

https://www.beri.web.id/search/label/Tempat%20Makan