Adakah Metode Penilaian Kinerja Akurat dan Efisien ?


Penilaian kinerja karyawan adalah salah satu hal wajib yang perlu dilakukan perusahaan. Hal tersebut berguna sebagai bentuk apresiasi perusahan terhadap karyawan yang telah memiliki prestasi dalam bidang kerjanya.


Penilaian kinerja karyawan adalah salah satu hal wajib yang perlu dilakukan perusahaan. Hal tersebut berguna sebagai bentuk apresiasi perusahan terhadap karyawan yang telah memiliki prestasi dalam bidang kerjanya. 

Tak hanya itu saja, hasil penilaian kerja tersebut juga akan membantu perusahaan dalam pembuatan keputusan yang tepat dalam perusahaannya. Lantas, adakah metode penilaian kinerja yang akurat dan efisien?

Di era modern yang serba digital ini, perusahaan dipermudah dengan adanya aplikasi penilaian kinerja karyawan berbasis web. Sehingga data yang dihasilkan pun akan lebih akurat daripada penilaian kerja yang dilakukan secara manual. Tak hanya itu saja, penilaian kinerja yang dilakukan menggunakan aplikasi akan lebih efektif dan efisien karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Berikut ini cara melakukan penilaian kinerja karyawan yang efektif:

1. Melakukan Pengukuran Kuantitattif terhadap Produktivitas Karyawan


Pengukuran ini dapat dilakukan dengan cara melihat seberapa banyak produk atau hasil yang telah dihasilkan karyawan dalam pekerjaannya. Tak hanya kuantitas pekerjaan, namun pengukuran secara kuantitatif juga dapat dilihat dari seberapa cepat karyawan menyelesaikan pekerjaan dari deadline yang telah ditentukan.

2. Melihat Feedback yang Diberikan Pelanggan


Sistem penilaian kinerja karyawan dapat dilihat dari feedback yang diberikan pelanggan terhadap layanan yang berikan karyawan. Lihatlah bagaimana penilaian atau kesan yang pelanggan dapatkan atas pelayanan yang diberikan karyawannya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika feedback yang diberikan baik, dapat dikategorikan bahwa kinerja karyawan dalam menghadapi pelanggan juga baik.

Baca Juga : 5 Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan



3. Menilai Bagaimana Karyawan Memanfaatkan Jam Kerja


Saat karyawan telah menyelesaikan pekerjaannya dan memiliki jam kosong sebelum mendapatkan tugas baru, amati apa yang dikerjakan karyawan di jam kosong tersebut. Apakah digunakan untuk bercerita bersama rekan kerjanya membahas hal pribadi, berselancar di media sosial, membalas email, atau mengerjakan hal baru.

4. Seberapa Besar Kontribusi Karyawan terhadap Perusahaan


Penilaian kinerja karyawan juga bisa dilihat dari seberapa besar karyawan terlibat atau berkontribusi dalam kegiatan perusahaan. Untuk mengetahui kontribusi tersebut, perusahaan dapat memberikan target kerja atau proyek yang mengharuskan karyawan menyelesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Itulah metode-metode yang bisa dilakukan dalam rangka penilaian kinerja karyawan. Untuk meningkatkan keakuratan penilaian kinerja karyawan digunakanlah aplikasi khusus penilaian kinerja Karyawan Salah satunya adalah aplikasi penilaian kinerja karyawan berbasis web LinovHR.

LinovHR sebagai Software Performance Appraisal yang Akurat dan Efisien


Dari sekian banyak software atau aplikasi penilaian kerja yang ada, LinovHR adalah salah satu jenis aplikasi penilaian kinerja karyawan berbasis web yang dapat membantu perusahaan dalam proses penilaian kinerja karyawan. 


Aplikasi tersebut membantu perusahaan mendapatkan data yang lebih akurat saat melakukan penilaian kinerja. Karena selama ini sering terjadi permasalahan pokok dalam penilaian kinerja karyawan yang dilakukan secara manual, seperti hasil penilaian yang bersifat subjektif dan kurang tepat. 

Hadirnya aplikasi ini menjawab pertanyaan bahwa kini ada aplikasi penilaian kinerja yang akurat dan efisien. [*/red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel