Ini Daftar Operator Seluler Indonesia yang Batasi Akses Fitur Sosial Media

Pemerintah membatasi fitur sosial media foto dan video menyusul aksi 22 Mei 2019 di Jakarta. Itulah alasan mengapa sosmed beberapa hari terkahir ini gangguan.
Pemerintah membatasi fitur sosial media foto dan video menyusul aksi 22 Mei 2019 di Jakarta. Itulah alasan mengapa sosmed beberapa hari terkahir ini gangguan.
 
BERI.WEB.ID - Pemerintah mengumumkan pembatasan akses berkirim foto maupun video untuk sosial media termasuk aplikasi chatting seperti WhatApp. Kebijakan ini dilakukan menyusul aksi 22 Mei 2019 di ibukota Jakarta.

Beberapa operator pun memastikan memathui keputusan pemerintah ini. Berikut daftar operator seluler indonesia yang batasi akses fitur sosial media :

1. Telkomsel
2. Indoesat Ooredoo
3. XL Axiata

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin seperti dikutip liputan6.com, Kamis 23 mei 2019 mengatakan seiring perkembangan situasi, Telkomsel mematuhi keputusan pemerintah yang disampaikan dalam siaran pers bahwa Menkopolhukam dan Menkominfo soal pembatasan akses secara bertahap dan sementara ke sejumlah media sosial.

Senada, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengatakan Indosat Ooredoo sepenuhnya mematuhi arahan dan keputusan pemerintah. Keputusan itu kata dia melakukan pembatasan akses layanan telekomunikasi khususnya layanan media sosial.

Sementara Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, menyatakan XL Axiata juga mematuhi keputusan terkait kebijakan pembatasan fitur media sosial dan chatting.

Alasan Pemerintah Batasi Fitur Kirim Foto dan Video di Sosmed


Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan pembatasan fitur download dan upload media dilakukan agar tidak terprovokasi aksi 22 Mei 2019.

"Di media sosial dan messaging system, kadang kita posting gambar, video itu viralnya cepat dan secara emosional langsung berdampak pada kita. Oleh karenanya kita non aktifkan fitur (gambar dan video)," ungkapnya di Jakarta, Rabu 22 Mei 2019 yang dikutip dari laman liputan6.com.

Beberapa hari terakhir, sejumlah pengguna sosial media maupun chatting seperti, Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan Line mengeluhkan sulitnya mengirim dan menerima gambar.

Menurut data web downdetector.com, gangguan terjadi di hampir seluruh kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang bahkan Kalimantan. Jakarta menjadi kota terparah yang mengalami gangguan tersebut. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel