AWAS TIPUAN..! Tawaran 'Paket Data 1.000GB' dari WhatsApp

Peneliti ESET menemukan sebuah scam yang mengiming-imingi pengguna WhatsApp hadiah berupa paket data internet sebesar 1000GB dalam rangka ulang tahun WhatsApp.

BERI.WEB.ID
- Peneliti ESET menemukan sebuah scam yang mengiming-imingi pengguna WhatsApp hadiah berupa paket data internet sebesar 1000GB dalam rangka ulang tahun WhatsApp.

Pesan semacam ini tentu saja bukan berasal dari WhatsApp, pun memberikan hadiah seperti yang dijanjikan.

"WhatsApp Offers 1000GB Free Internet!" begitu pesan tersebut berbunyi, lengkap dengan sebuah tautan untuk informasi lebih lanjut di bawahnya.

Saat diklik, tentu saja tautan tersebut tak mengarahkan si korban ke situs resmi milik WhatsApp.

Masih rendahnya pengetahuan mengenai penipuan semacam ini, tak heranh jika masih banyak korban tertipu oleh modus semacam ini.

Tautan tersebut akan mengarahkan korban pada sebuah situs yang menuliskan "We offer you 1000 GB free internet without Wi-Fi! On the occasion of our 10th anniversary of WhatsApp."

Di bawah kalimat dengan struktur yang aneh itu dilengkapi sebuah countdown yang menuliskan jumlah hadiah yang tersisa.

Selain itu, ada pula sejumlah pertanyaan mengenai bagaimana korbannya mengetahui adanya penawaran tersebut, dan sejumlah pertanyaan lain. Namun, jika calon korban terpancing menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan muncul pop up berisi pesan untuk membagikan pesan promosi itu setidaknya ke 30 pengguna WhatsApp sebelum mendapatkan hadiah yang sebenarnya tidak ada.

Meski demikian, peneliti ESSET menyebut tidak ada malware maupun pencurian data pribadi dalam scam tersebut. Namun modus itu sudah cukup memberi keuntungan klik iklan bagi pelaku. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel