Cara Membuat Donat yang Lembut dan Enak, Lengkap dengan Resepnya

Donat adalah kuliner jenis kue yang sangat populer. Memiliki rasa yang manis bertekstur lembut dan empuk, tak heran kue ini memiliki banyak penggemarnya

Donat adalah kuliner jenis kue yang sangat populer. Memiliki rasa yang manis bertekstur lembut dan empuk, tak heran kue ini memiliki banyak penggemarnya. Kuliner berbentuk bundar dan bolong di tengahnya ini sebenarnya mudah dijumpai di warung-warung di mana saja.

Nah, anda yang ingin mencoba membuat donat yang lembut dan enak di rumah, wajib menyimak tahapan dan resep rahasia membuat donat di bawah ini.



Agar Donat Lembut


Untuk membuat hasil kue donat yang lembut sebenarnya ada pada adonannya. Donat yang dibuat menggunakan adonan roti itu wajib memiliki banyak kandungan gluten nya. Sebab gluten lah yang membuat hasil kue donat memiliki tekstur yang lembut.

Kendati tepung terigu biasa bisa digunakan, namun tepung terigu protein tinggi yang memiliki banyak kandungan gluten merupakan kunci untuk menghasilkan kue donat yang lembut.

Lantas apa sebenarnya gluten ? salah satu sumber terpercaya Alodokter menyebut Gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terdapat dalam gandum. Secara umum, gluten ini berasal dari biji-bijian, contohnya gandum, jelai, sereal, dll.



Agar Adonan Donat Mengembang Tidak Bantat


Donat yang lembut biasanya berasal dari adonan yang mengembangnya sempurna. Untuk mengembangkan adonan, anda perlu menambahkan ragi ke dalam adonan donat dalam takaran yang cukup. Sebab, jika ragi dalam adonan kurang, biasanya donat yang dihasilkan menjadi bantat. Atau setelah digoreng, donat menjadi kempes.

Bagaimana agar donat mengembang dengan baik ? triknya ada pada takaran tepung terigu dan cara membuat adonannya. Anda bisa mencoba membuat adonan dengan 70% terigu protein tinggi seperti merek Cakra, dll dan 30% terigu protein rendah.

Jangan lupa, saat menguleni adonan pastikan adonan teruleni dengan baik hingga benar-benar kalis. Jika perlu banting adonan sesekali agar adonan lebih elastis. Untuk tips yang ini, jangan coba-coba membanting adonan ke muka tetangga. Bisa berabe nanti..heheh.



Resep Donat


Untuk menghasilkan kue donat yang lembut dan enak, terlebih dahulu anda wajib mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini.



Bahan Adonan Donat:

- 300 gram tepung terigu protein tinggi
- 120 gram tepung terigu protein sedang
- 1 sdt ragi instan
- 15 gram susu bubuk
- 40 gram gula halus
- 1 butir telur ayam
- 225 ml air es
- 30 gram margarin
- 1 sdt garam



Bahan Topping Donat:

- Coklat batangan yang dilelehkan
- Margarin dan gula halus
- Selai



Cara Membuat Donat


Simak dan lakukan prosesnya tahapan demi tahapan berikut ini.
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata.
2. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit. Jika ragu adonan terlalu encer maka air bisa dimasukkan beberapa bagian dulu.
3. Uleni adonan sampai menjadi kalis. Adonan kalis adalah tidak ada adonan yang lengket menempel di wadah dan tangan.
4. Masukkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai elastis.
5. Tutupi adonan menggunakan kain dan diamkan di tempat hangat suhu ruang selama 15 menit. Setelah 15 menit, adonan mengembang. Tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar.
6. Ulangi langkah 4 tetapi cukup didiamkan selama 10 menit.
7. Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa dibentuk manual dengan tangan setelah ditimbang seberat 40 gram atau giling adonan dan cetak memakai cetakan donat.
8. Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan kain dan diamkan selama 30 menit.
9. Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Tiriskan.
10. Setelah donat dingin, beri toping sesuai selera. Semoga bermanfaat. [red]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel