Cara Membuat Salad Buah Enak, Praktis dan Sehat

Salad buah bisa menjadi alternatif cara mengkonsumsi buah bagi keluarga. Anda yang bosan mengkonsumsi buah gitu-gitu aja, bisa mencoba meramu buah-buahan di rumah dengan menu yang berbeda, yakni salad buah.


Salad buah bisa menjadi alternatif cara mengkonsumsi buah bagi keluarga. Anda yang bosan mengkonsumsi buah gitu-gitu aja, bisa mencoba meramu buah-buahan di rumah dengan menu yang berbeda, yakni salad buah.

Selain diolah menjadi jus, buah-buahan kini juga populer diolah menjadi salah buah untuk memperoleh banyak manfaat vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah. Namun demikian, pemilihan jenis buah-buahan dan dressing yang tepat perlu menjadi perhatian. Tujuannya tentu saja untuk memaksimalkan manfaat dari salad buah. Sehingga tak hanya enak dikonsumsi namun juga menyehatkan.


Memilih Jenis Buah untuk Salad


Semua jenis buah-buahan memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun demikian, ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan gizi yang dominan dibanding buah-buah lainnya. Berikut ini beberapa jenis buah yang cocok untuk salad agar kandungan nutrisinya maksimal.

Apel


Semua orang tahu jenis buah yang satu ini. Apel dikenal sebagai jenis buah yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan antioksidan flavonoid dalam apel dapat menurunkan risiko asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Nanas


Kandungan vitamin C dalam buah nanas cukup tinggi. Tak heran, satu cangkir nanas sudah lmelebihi kebutuhan vitamin C per harinya. Buah ini juga dikenal mampu meredakan peradangan.

Alpukat


Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat sangat bermanfaat utuk kesehatan jantung. Buah ini juga kaya akan kandungan kalium, mangan, dan serat.

Anggur


Baik anggur merah maupun anggur ungu, keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kedua buah-buahan ini dikenal kaya akan antioksidan dan zat antiradang.

Delima


Jika anda membutuhkan zat antioksidan yang tinggi, memilih buah ini adalah pilihan yang tepat. Sebab kandungan antioksidan dalam Delima itu tiga kali lipat lebih tinggi dibanding teh hijau.

Zat antioksidan dalam buah ini dikenal berkhasiat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sedangkan kandungan antiradang dalam buah delima dapat menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat.

Mangga


Buah ini dikenal kaya akan vitamin C, serat, antioksidan, dan zat antiradang.

Semangka


Semangka mengandung lycopene yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah, serta mencegah kanker. Buah ini juga kaya akan vitamin A dan C.

Jeruk


Buah jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga sumber kalium dan vitamin B yang baik.

Jambu Biji


Buah jambu biji mengandung vitamin A, serat, kalium, mangan, tembaga, dan folat.  Dalam 30 gram jambu biji sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan vitamin C per hari.

Pepaya


Buah ini dikenal berkhasiat melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, buah ini mengandung banyak viatmin C, vitamin A, asam folat, dan kalium.


Hindari Lima Bahan Salad Buah yang Bikin Gemuk


Sebanarnya, masing-masing bahan untuk membuat salad buah memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Hanya saja, jika semua bahan itu dicampur menjadi satu kandungan serat dan nutrisi yang terdapat pada buah tidak akan bekerja secara maksimal. Bukannya membuat tubuh sehat, bahan-bahan yang ditambahkan dalam salad buah ini justru bisa mengagalkan program sehat anda.

Berikut lima bahan-bahan salad buah yang bikin tubuh anda gemuk seperti dikutip dari laman hellosehat :

Keju


Keju memang mengandung protein dan merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Tapi, keju juga mengandung banyak kalori dan lemak jenuh.

Menambahkan banyak keju sebagai topping salad buah tidak disarankan kalau Anda berniat untuk menurunkan berat badan. Jika tetap menginginkannya di salad buah Anda tanpa risiko bikin gemuk, usahakan untuk membatasi takarannya.


Mayonnaise


Banyak anggapan bahwa mayonnaise merupakan pilihan yang kurang sehat jika dibandingkan dengan salad dressing lainnya.

Sebenarnya, mayonnaise tidak sepenuhnya buruk mengingat kandungan nutrisi yang ada pada bahan pembuatannya, yaitu kuning telur dan sari lemon. Asupan vitamin E dan K juga bisa Anda dapatkan dari mayonnaise.

Di sisi lain, satu sendok makan mayonnaise sudah mengandung sekitar 90 kalori. Hal ini disebabkan oleh minyak yang juga menjadi bahan pembuatannya.

Mayonnaise juga mengandung hampir 50% kebutuhan dari kebutuhan sodium yang dibutuhkan tubuh. Bahan dalam salad buah yang satu ini bisa bikin Anda gemuk.

Konsumsi mayonnaise berlebihan tentu tidak disarankan untuk diet rendah kalori. Sebagai alternatifnya, Anda bisa memilih jenis light mayo yang mengandung lemak lebih sedikit atau vegan mayo. Ingatlah untuk tidak memberi mayonnaise terlalu banyak.

Buah Kalengan


Semua sudah tahu buah-buahan adalah sumber vitamin dan serat dengan banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Terkadang Anda bosan dengan buah yang itu-itu saja, buah kalengan bisa menjadi pilihan lain. Kandungan vitamin C pada buah kalengan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama kualitasnya masih terjaga.

Namun, menambah buah kalengan pada olahan salad buah bukanlah langkah yang paling tepat dan malah bisa bikin gemuk.

Perlu diketahui, pembuatan buah kalengan menggunakan gula tambahan untuk membuat rasanya lebih manis. Terkadang, buah seperti cherry dalam kaleng juga ditambahkan pewarna buatan saat proses produksi.

Yogurt


Anda mungkin tidak menyangka bahwa yogurt merupakan salah satu penyebab olahan salad buah yang juga bisa bikin gemuk.

Yogurt sering digunakan sebagai salah satu bahan menu makanan diet. Susu sebagai bahan utama pembuatan yogurt memang mengandung kalsium yang baik untuk tulang.

Probiotik yang terkandung pada yogurt juga telah lama dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh dan melancarkan pencernaan.

Sayangnya, banyak orang sering lupa bahwa proses produksi yogurt juga tidak luput dari penambahan gula. Label bebas lemak tidak menjamin produk yogurt menjadi lebih sehat. Bahkan, beberapa produk bebas lemak malah mengandung gula lebih banyak dari yang biasa.

Susu kental manis


Bahan yang sering ditambahkan dalam olahan salad buah adalah susu kental manis. Seperti yang telah diketahui, susu kental manis mengandung lebih banyak gula dibanding kandungan susunya sendiri.

Ketika dibandingkan, satu takaran sendok makan susu kental manis atau sekitar 30ml memiliki lebih dari 15 gram kandungan gula. Sedangkan susu biasa hanya mengandung lebih dari 3 gram gula.

Dengan kandungan gula dan lemak di setiap bahan-bahannya, perpaduan mayonnaise, keju, buah kalengan dan susu kental manis dalam salad buah tidak akan efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Untuk mengambil manfaat salad buah, tidak dianjurkan disajikan menggunakan mayones. Mayones memang membuat salad makin lezat, namun dressing tambahan ini mengandung lemak dan kalori tinggi. Solusinya, ganti mayones dengan yoghurt. Yoghurt mengandung kalsium dan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan.

Jika ingin menambahkan pemanis, gunakan pemanis alami seperti madu. Hindari pemanis tambahan, seperti gula, susu kental manis, atau sirup. Penggunaan keju sebagai topping juga tidak disarankan, karena kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi bisa mengurangi manfaat salad buah yang Anda inginkan.


Resep dan Cara Membuat Salad Buah


Bahan-bahan Salad Buah:


- 10 buah anggur
- 2 buah apel segar
- 6 buah stroberi
- 8 buah raspberi
- 8 buah bluberi
- 1 buah mangga
- 3 buah kiwi
- 1 buah jeruk

Cara membuat Salad Buah:


1.  Bersihkan buah.
2.  Kupas apel, kiwi, jeruk dan mangga. Lalu potong sesuai selera.
3.  Potong stroberi jadi empat bagian dan anggur dua bagian.
4.  Masukkan semua buah ke dalam wadah.
5.  Campur madu dan perasan jeruk di wadah baru, aduk rata.
6.  Tuangkan madu dan perasan jeruk ke atas buah.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel