Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sampai Keliru..! Ini 4 Pertimbangan Memilih Penyedia Layanan Internet di Indonesia

Jangan Sampai Keliru..! Ini 4 Pertimbangan Memilih Penyedia Layanan Internet di Indonesia

Internet Service Provider atau ISP merupakan salah satu hal yang penting dimiliki di rumah maupun perusahaan. Pasalnya dengan ISP ini, koneksi internet dapat menjadi lebih baik sehingga seluruh pengguna merasa nyaman dan puas. Namun, penyedia layanan internet atau ISP yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga tentu berbeda dengan yang dibutuhkan oleh perkantoran atau perusahaan.

Yang jelas, untuk kebutuhan perkantoran memerlukan bandwidth yang lebih besar daripada penggunaan di rumah tangga. Hal ini dikarenakan perkantoran membutuhkan internet yang memadai untuk kinerja yang lebih optimal. Namun dalam memilih ISP untuk kebutuhan apa pun Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar tidak kecewa setelah berlangganan.

Pertimbangan Sebelum Memasang Internet Service Provider

Sejauh ini, sudah ada beberapa Managed Service Provider Company yang menyediakan internet khusus untuk perkantoran dan sejenisnya. Jika Anda ingin memasangnya di rumah sebaiknya jangan menggunakan jenis tersebut karena tentunya akan berlebihan. Oleh karena itu, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum memutuskan memasang Internet Service Provider:

Jenis Koneksi yang Dibutuhkan

ISP menawarkan berbagai macam jenis koneksi, mulai dial up, wireless, dan juga VSAT. Masing-masing jenis pun menawarkan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Di antara ketiganya yang tarifnya paling mahal adalah VSAT karena menggunakan parabola khusus yang membuat kecepatannya sangat tinggi.

Untuk jenis dial up, tarifnya dihitung berdasarkan kapasitas dan juga durasi pemakaian. Sedangkan untuk jenis wireless atau Wi-Fi terkenal lebih praktis karena hanya perlu memasangkan modem Wi-Fi ke seluruh karyawan atau pengguna.

Kecepatan Koneksi yang Diperlukan

Selain jenis koneksi, kecepatan koneksi juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum memasang ISP. Jika Anda memasang ISP di kantor yang memerlukan internet pada setiap kegiatan operasionalnya, maka Anda harus memilih yang berkecepatan tinggi. Hal itu tentu menunjang berbagai kegiatan seperti download, upload, streaming, maupun yang lainnya.

Availability Pemasangan

Selanjutnya pastikan bahwa tempat yang akan Anda pasang ISP sudah masuk ke jangkauan ISP. Jika tidak, maka Anda harus menunggu beberapa lagi agar layanan internet bisa dikembangkan sampai ke tempat yang Anda mau. Daripada menunggu, sebaiknya pilihlah tempat yang sudah pasti mendapat jangkauan ISP yang akan dipasang.

Efisiensi Biaya

Setiap ISP pastinya memiliki tarif yang berbeda-beda. Ada yang harus dibayar bulanan, ada pula yang pembayarannya setiap tahun. Bahkan, ada ISP yang mengharuskan pelanggannya membayar setiap jam.

Jika Anda memerlukan internet untuk sekadar browsing atau media sosial, lebih baik menggunakan yang tarif per jam karena lebih hemat. Sedangkan jika untuk penggunaan besar seperti perkantoran, sebaiknya pilihlah paket unlimited bulanan atau tahunan.

Nah, itu tadi informasi mengenai hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih ISP. Kalau mau yang jelas terbaik, Anda bisa menggunakan Internet ServiceProvider dari Hypernet. Apalagi, Hypernet menawarkan berbagai pilihan layanan internet yang dijamin dapat diandalkan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi https://hypernet.co.id/id/[*/red]

Posting Komentar untuk "Jangan Sampai Keliru..! Ini 4 Pertimbangan Memilih Penyedia Layanan Internet di Indonesia"