Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menjaga Keamanan Whatsapp agar Tidak Disadap

Whatsapp sendiri memiliki sistem enkripsi end to end yang artinya percakapan telah dienkripsi ujung ke ujung yang membuat privasi tetap terjaga. Namun bukan berarti aplikasi Whatsapp atau bahkan ponsel yang kamu gunakan tidak bisa disadap.

Aplikasi Whatsapp adalah yang terbanyak digunakan oleh masyarakat Indonesia ada banyak sekali keunggulan dalam aplikasi ini salah satunya adalah chat wa yang terhapus bisa dikembalikan.

Soal fitur dan layanan yang diberikan cukup memuaskan karena banyak manfaat yang didapatkan selain chat.

Whatsapp sendiri memiliki sistem enkripsi end to end yang artinya percakapan telah dienkripsi ujung ke ujung yang membuat privasi tetap terjaga. Namun bukan berarti aplikasi Whatsapp atau bahkan ponsel yang kamu gunakan tidak bisa disadap.

Nah untuk mengatasi hal ini kamu tentu harus tahu bagaimana cara untuk menjaga keamanan sebelumnya. Supaya kegiatan saat menggunakan aplikasi tetap nyaman.

5 Cara yang Dilakukan untuk Menjaga Keamanan Whatsapp


Jangan sampai kamu terlambat menyadari bahwa aplikasi Whatsapp kamu sedang disadap. Oleh karena itu melakukan pencegahan akan lebih baik daripada kamu kehilangan privasi bahkan data penting saat sedang bertukar pesan.

Whatsapp sendiri sudah membekali aplikasinya untuk ranah privasi sehingga ketika terjadi penyadapan pengguna bisa langsung mengatasinya. Penting sekali bagi pengguna Whatsapp saat ini untuk melakukan pencegahan ini sebelum kejahatan cyber terjadi.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan demi menjaga keamanan pengguna Whatsapp.

1.  Mengaktifkan verifikasi dua langkah

Cara pertama yang bisa kamu dilakukan saat ini adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Tujuan dari mengaktifkannya adalah supaya kamu tahu apakah ada orang lain yang akan mengakses Whatsapp milikmu di perangkat lainnya.

Ketika pada yang mencoba masuk ke akun ku, maka akan muncul verifikasi dalam bentuk PIN. PIN ini akan dikirim ke nomor hp, jadi orang lain tidak bisa sembarangan mendapatkan PIN ini. Untuk mengaturnya kamu bisa masuk ke Setting, Account dan pilih Two Step Verification.

2.  Mengatur privasi profil dan grup

Cara yang kedua adalah dengan pengaturan privasi pada profil serta grup. Privasi profil maksudnya adalah informasi pribadi yang bisa dilihat oleh orang lain pada akun Whatsapp kamu. Whatsapp memberikan beberapa pilihan seperti dibagikan oleh semua orang, hanya pada kontak dan untuk kontak tertentu saja.

Privasi profil ini juga bisa diatur untuk memperlihatkan apakah kamu online, pesan sudah dibaca dan foto profil hingga status. Sedangkan untuk privasi grup yang dimaksud adalah siapa saja yang bisa menambahkan kamu ke grup WA baru.

Tujuan dari pengaturan privasi grup adalah supaya tidak semua orang bisa sembarangan memasukan kamu ke grup mereka. Karena belum tentu grup tersebut bermanfaat untuk kamu ikuti.

Pengaturan dari WA grup ini bisa dilakukan ke menu pengaturan kemudian akun, privasi dan grup. Kamu bisa memilih siapa yang bisa menambahkan kontak ke grup seperti kontak saya, semua orang atau kontak kecuali. Akan lebih baik jika kamu memilih kontak saja.

3.  Mengaktifkan kunci fingerprint

Belum lama ini Whatsapp juga memperbaharui fitur keamanannya dengan menambahkan kunci fingerprint atau face id. Cara membukanya sama ketika kamu hendak membuka ponsel jadi tidak akan kesulitan.

Fitur ini akan sangat membantu menjaga keamanan apalagi jika ponsel kamu hilang. Tidak ada yang bisa mengaksesnya tanpa menggunakan face id atau fingerprint milikmu.

4.  Memperbarui aplikasi

Cara terakhir adalah dengan rutin memperbaharui aplikasi. Jika kamu tidak mengatur pembaharuan aplikasi di ponsel secara otomatis maka akan lebih baik sering mengecek apakah ada pembaharuan yang dilakukan Whatsapp.

Tujuan dari memperbaharui ini adalah untuk mendapatkan fitur terbaru dan juga keamanan. Developer selalu meningkatkan firewall sehingga penyadapan akan terminimalisir.

Jadi sudah tahu bukan bagaimana cara kamu agar bisa menjaga keamanan dari Whatsapp supaya tidak mudah disadap. Privasi pun akan tetap terjaga.

Aplikasi Chat Selain Whatsapp yang Menjaga Keamanan Pengguna


Tidak puas dengan fitur atau layanan yang diberikan oleh Whatsapp? Atau kamu masih merasa tidak aman dengan layanan Whatsapp? Tenang saja karena masih banyak aplikasi chat lainnya yang bisa digunakan.

Apalagi jika teman kerja atau teman sekolah tidak banyak yang menggunakan Whatsapp, beberapa aplikasi ini bisa diunduh. Sebagai alternatif Whatsapp, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan aplikasi berikut ini.

1.  Telegram

Merupakan aplikasi kedua yang saat ini cukup laris di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk soal fitur, Telegram memberikan privasi terbaik bagi penggunanya. Semua pesan terenkripsi jadi aplikasi ini tidak mudah untuk disadap.

Fitur layanan lainnya yang disediakan adalah aplikasi ini bisa menghapus pesan permanen dalam jangka waktu tertentu. Jadi jika tidak sempat untuk menghapus maka aplikasi akan bekerja otomatis.

2.  Skype

Nama aplikasi ini mulai meredup tapi saat pertama kali rilis, Skype adalah aplikasi video call yang terbaik. Hingga kini jika kamu mencari keamanan soal aplikasi chat, maka Skype bisa jadi pilihannya.

Sama seperti Whatsapp, Skype juga menggunakan pesan terenkripsi yang akan menjaga percakapan jarak jauh tetap aman privasinya. Sedangkan layanan lain yang diberikan juga seperti video call pun cukup lancar.

3.  Viber

Ingin menggunakan aplikasi aman selain Whatsapp? Kamu bisa menggunakan Viber yang memiliki sistem penghapusan otomatis pada pesan rahasia yang telah disimpan dalam waktu lama atau waktu tertentu.

Viber menjadi aplikasi nomor tiga yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Beberapa fitur lengkap lainnya juga sangat membantu seperti pesan video, suara dan lainnya. Sistem keamanannya juga terjaga sehingga pesan tidak mudah disadap.

4.  Imo

Jika kamu ingin melakukan video call dan chat yang aman ke luar negeri maka Imo adalah pilihan yang tepat. Selain itu layanan video callnya cukup bening jadi sangat nyaman digunakan untuk berkomunikasi.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi ini. Tapi tetap jangan lupa untuk mengaktifkan sistem keamanan bahkan bawaan dari ponsel. Supaya kamu terbebas dari penyadapan.  [*/red]

Post a Comment for "Cara Mudah Menjaga Keamanan Whatsapp agar Tidak Disadap"