Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seberapa Penting Peran Suzuki untuk Dunia Otomotif di Indonesia?


Rekam jejak Suzuki untuk Indonesia sudah berjalan puluhan tahun. Dalam perjalanannya, salah satu produsen otomotif ini memiliki peran penting dalam perkembangan dan kemajuan dunia otomotif di Indonesia. Berikut adalah beberapa peran penting Suzuki dalam bidang otomotif di tanah air.

Ikut Andil Dalam Perkembangan Varian Mobil di Indonesia

Produsen otomotif ternama ini berperan dalam pembuatan banyak mobil. Varian mobil yang telah diluncurkan sangat banyak mulai dari tipe besar hingga kecil dengan harga yang juga variatif.

Perkembangan varian mobil Suzuki bisa juga dilihat dari desain dan spesifikasi yang semakin baik. Fitur-fitur yang disediakan pada produk mobil yang dihasilkan pun semakin berkualitas.

Katakanlah salah satunya seperti piranti elektronik dalam mobil dan perlengkapan mengemudi dengan teknologi seperti cruise control. Contohnya ada pada produk Suzuki Swift yang sudah dilengkapi dengan cruise control untuk membantu pengendara.

Selain itu, model-model mobil yang diproduksi sangat trendy. Mulai dari mobil berpenampilan sporty, standar, hingga minimalis. Varian mobil yang dikeluarkan sangat mengesankan untuk digunakan dan dirancang sesuai kebutuhan konsumen.

Ikut Andil Dalam Perkembangan Varian Motor di Indonesia

Selain mengembangkan varian mobil, Suzuki juga sangat ikut andil dalam perkembangan motor di Indonesia. Mulai dari adanya motor bebek hingga motor matic. Hingga saat ini, kedua jenis motor tersebut masih diproduksi dan tentunya terus mengalami perkembangan.

Dari tahun ke tahun, model motor Suzuki banyak bermunculan. Perbedaan signifikan yang dimiliki motor dari brand Suzuki adalah tampilannya lebih tinggi dan terlihat tangguh. Keunggulan lainnya yaitu spesifikasi motor pun sangat bisa diandalkan.

Sudah Berkiprah di Indonesia Selama 50 Tahun

Produsen otomotif ini sebenarnya berasal dari Jepang. Namun, Suzuki sudah berkiprah di Indonesia hampir 50 tahun lebih.

Pada mulanya, mesin-mesin kendaraan dan perlengkapannya dibuat di negara asalnya, dan di Indonesia hanya tinggal dilakukan perakitan. Namun, sekarang semua proses mulai perencanaan, pembuatan hingga perakitan kendaraan sudah dilakukan di beberapa pabrik di berbagai wilayah di Indonesia.

Eksekusi yang matang dalam semua prosesnya membuat setiap unit produk yang dihasilkan sangat maksimal. Kendaraan yang diproduksi juga berkonsep rakitan Indonesia dengan berbagai gaya.

Fitur dan performa setiap unit yang diproduksi pun akan diuji coba dengan baik sehingga dapat memberi kenyamanan dan jaminan keamanan dalam berkendara dan memberi kepuasan untuk konsumen.

Peduli Terhadap Pendidikan di Indonesia

PT. SIS (Suzuki Indomobil Sales) tidak hanya mengejar penjualan, namun juga peduli terhadap pendidikan di Indonesia. Suzuki mempunyai dua fokus tujuan di bidang pendidikan, yang pertama yaitu program donasi, dan yang kedua yaitu program kunjungan pabrik.

Program itu rutin dilakukan setiap bulan mulai Januari 2016 lalu, untuk membangun energi kreatif bagi anak didik, khususnya yang menempuh pendidikan jurusan mesin atau otomotif. Untuk program donasi, pihak Suzuki akan memberikan unit mesin, mobil, motor, dan paket buku training ke beberapa sekolah.

Sedangkan untuk program kunjungan pabrik, para anak didik akan diajak langsung ke pabrik untuk melihat dunia industri otomotif yang sebenarnya. Mereka akan diarahkan untuk mempelajari cara perakitan mobil, motor, dan mengenal teknologi terkini yang dibuat untuk produk-produk Suzuki.

Ikut Membuka Peluang Kerja di Dunia Otomotif di Indonesia

Kiprahnya di dalam dunia otomotif di tanah air dapat dilihat dari adanya pabrik-pabrik yang berada di berbagai wilayah di Indonesia. Berdirinya pabrik-pabrik tersebut ikut membuka peluang kerja bagi warga Indonesia yang berkompetensi di bidang mesin dan otomotif.

Pabrik tersebut bekerja dalam pembuatan dan perakitan kendaraan. Selain itu, perancangan teknologi untuk unit yang dibuat atau akan dibuat juga direncanakan dalam kerja pabrik tersebut. Tentunya konsep rakitannya disesuaikan dengan model dan kebutuhan kendaraan di Indonesia.

Bukan hanya untuk pabrik, Suzuki telah memilih banyak sekali bengkel resmi yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini juga membuatnya berperan penting dalam pembukaan peluang kerja bagi para lulusan pendidikan otomotif.

Suzuki hingga saat ini memiliki banyak sekali catatan perjalanan penting, dengan beberapa produk legendarisnya di Indonesia. Peran Suzuki yang telah berkiprah di Indonesia selama lebih dari 50 tahun ini juga sangat mempengaruhi perkembangan dunia otomotif di Indonesia. [*/red]

Post a Comment for "Seberapa Penting Peran Suzuki untuk Dunia Otomotif di Indonesia?"