Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Beli Mobil? Jangan sampai Salah Pilih, Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Baru atau Bekas

Ingin Beli Mobil? Jangan sampai Salah Pilih, Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Baru atau Bekas


Walaupun terkesan sederhana, namun praktiknya beli mobil itu gampang-gampang susah. Jika tidak cermat, bukan tidak mungkin pada akhirnya menyesal karena salah pilih. Simak hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli mobil baru dan mobil bekas.

Banyaknya merek dan jenis kendaraan dengan beragam harga yang tersedia sudah barang tentu membuat calon pembeli khususnya yang masih pemula kerap dibuat bingung. Nah, agar tidak salah pilih, coba tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut sebelum memutuskan membeli mobil.

1. Untuk Apa Membeli Mobil ?

Sebelum memilih mobil, coba pikirkan apa yang menjadi kebutuhan utama dalam memilih mobil. Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda tentunya. Jika niat membeli mobil untuk berpergian bersama keluarga, tentu wajib bagi anda memilih mobil yang memiliki kapasitas sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Jika niat membeli mobil untuk berusaha, berdagang misalnya. Maka memilih mobil jenis pick up menjadi pilihan paling bijak.

Setiap jenis mobil memiliki keunggulannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya.

2. Punya Uang Berapa untuk Beli Mobil ?

Jika anda memiliki banyak uang, pertanyaan ini mungkin tak begitu berarti. Namun, bagi yang memiliki uang pas-pasan, anda harus lebih cermat menentukan jenis mobil yang akan dibeli sesuai dengan kemampuan anggaran anda.

Pada prinsipnya, ada harga ada rupa. Mobil dengan harga menengah ke atas sudah barang tentu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki jenis mobil dengan harga menengah. Jika anda memiliki keuangan yang pas-pasan, tidak perlu memaksakan harus membeli mobil diluar kemampuan anggaran anda. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang anda miliki.

3. Beli Mobil Baru atau Bekas?

Pertanyaan ini harus anda jawab sendiri, apakah anda orang yang mengerti memperbaiki kerusakan mobil atau sekedar menggunakan mobil sja. Artinya, jika anda memang pandai merawat kendaraan, mengerti banyak hal tentang mobil, tidak ada salahnya jika membeli mobil bekas.

Sebab membeli mobil bekas ada resiko yang harus anda tanggung yakni melakukan beberapa perawatan sebelum mobil benar-benar nyaman digunakan.

Meski demikian, membeli mobil bekas tentu ada keuntungannya pula. Yakni harganya yang lebih miring disbanding dengan mobil baru.

4. Jenis Bahan Bakar Mobil yang Akan Dibeli ?

Jika anda sering berpergian ke tempat dengan medan ekstrem dan hemat bahan bakar, mobil dengan bahan bakar minyak jenis diesel bisa jadi pilihan. Namun jika anda memilih sisi kenyamanan kerkendara dan suara mesin yang senyap, maka lebih cocok membeli mobil dengan bahan bakar bensin.

Atau jika anda memang orang yang peduli dengan lingkungan, urusan emisi gas, maka mobil elektrik bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Mobil Jenis Manual atau Matic ?

Jika anda berdiam di kota dan rawan macet, mobil jenis matic sedikit banyak memberi anda jaminan berkendara yang nyaman dan tidak mudah lelah. Namun jika anda orang yang sering berpergian dengan kondisi lalu lintas yang lancar, bisa juga untuk memilih mobil manual.

Selain harganya relatif lebih murah disbanding mobil matic, mobil bertransmisi manual lebih nyaman digunakan untuk menempuh perjalanan ke daerah-daerah yang penuh tanjakan atau turunan.


Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Bekas

Memilih kendaraan dalam kondisi bekas juga gampang-gampang susah. Gampang jika sekedar untuk membeli, namun sulit untuk menentukan apakah kendaraan tersebut dijual dalam kondisi siap pakai atau tidak.

Sebab sering kali, ada penjual mobil bekas yang menjual dagangannya dalam kondisi tak sehat, sehingga beresiko keluar uang untuk biaya perawatan yang esktra. Sebelum membeli mobil bekas, anda harus bisa mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui kondisinya.

Nah, berikut ini hal yang harus diperhatikan ketika anda ingin membeli mobil bekas :

1.  Memastikan suspensi mobil tidak rembes. Adanya rembesan oli pada suspense menandakan suspensi mobil dalam keadaan tidak sehat.

2.  Pastikan tidak ada suara aneh saat memutar kemudi. Mengapa ini perlu diperiksa ? untuk memastikan kaki-kaki depan masih berfungsi dengan baik.

3.  Periksa akurasi setir. Saat anda mengendarai mobil bekas itu, coba cari jalan yang kosong atau sepi, lalu saat melaju lepaskan tangan dari kemudi. Jika laju mobil masih lurus, mobil bekas tersebut berarti tak memerlukan spooring.

4.  Periksa mobil saat berada di atas jalan yang bergelombang. Jika suspensi mobil bekas itu masih sehat, tidak akan terdengar pegas berbunyi seperti kepentok.

5.  Periksa takaran oli mesin. Beberapa penjual nakal menambahkan oli lebih banyak agar mesin terdengar halus saat dinyalakan.

6.  Tidak usah terburu-buru membeli mobil bekas dengan tawaran harga yang miring. Sebab, bisa jadi harga yang miring itu menandakan ada masalah tersembunyi pada mobil bekas yang ditawarkan kepada anda.

Demikian, semoga anda bisa memilih mobil impian anda. Semoga bermanfaat. [red]

Posting Komentar untuk "Ingin Beli Mobil? Jangan sampai Salah Pilih, Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Baru atau Bekas"