Mengintip Trend Internet 2015 Dunia


Mengintip Trend Internet 2015 Dunia --Internet Trend Report merupakan laporan tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan VC asal Amerika, Kleiner Perkins Caufield & Biyers (KPCB). Laporan ini berisi berbagai data dan analisis tentang kondisi dan tren internet dunia yang sangat berguna bagi pelaku atau orang yang ingin memahami ekosistem digital secara global.


Berikut adalah beberapa highlight dari laporan tersebut seperti dilansir techinasia, Senin (22/6/2015):

  • Hanya sekitar 29 persen pengguna internet yang berasal dari negara-negara maju (Eropa dan Amerika), kini sebagian besar pengguna internet berasal dari negara-negara berkembang. 
  • 60 persen pengguna ponsel masih menggunakan feature phone. 
  • Hanya empat perusahaan asal Asia yang masuk ke dalam jajaran 15 besar perusahaan internet dunia, dan keempat perusahaan tersebut berasal dari China. 
  • Ada sekitar 2,8 miliar pengguna internet di dunia, 7 miliar mobile subscription, dan 2,1 miliar smartphone subscription. Itu artinya, banyak pengguna yang memiliki lebih dari satu perangkat untuk mengakses internet. 
  • Kini semakin banyak perusahaan yang menggunakan mobile advertising, tingkat pertumbuhannya mencapai 34 persen per tahun. 
  • Banyak proses bisnis konvensional yang kini telah berganti ke dalam bentuk aplikasi mobile maupun software. 
  • Enam dari 10 aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia adalah aplikasi chatting. Tiga aplikasi lainnya adalah media sosial (Facebook, Instagram, dan Twitter), sementara satu sisanya adalah game (Clash of Clans). 
  • Tiga dari enam aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di dunia berasal dari Asia (Line, WeChat, dan KakaoTalk). WhatsApp masih menduduki peringkat pertama dengan 800 juta pengguna aktif bulanan. 
  • Indonesia merupakan negara ketiga di dunia (di belakang China dan India) yang memiliki jumlahmobile subscription paling banyak, yakni 343 juta. Angka yang mengungguli jumlah penduduk Indonesia tersebut menunjukkan bahwa sebagian pengguna memiliki lebih dari satu perangkat.


  • User generated content (UGC) merupakan tren konten yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan sangat menjanjikan di masa depan. 
  • Kebutuhan terhadap perangkat drone meningkat 167 persen dari tahun ke tahun. 
  • Usia 12 hingga 24 tahun merupakan demografi yang paling banyak menguasai penggunaan internet. 
  • Pengeluaran belanja online paling banyak berasal dari marketplaceAlibaba Taobao
  • Kini semakin banyak orang yang bekerja secara fleksibel (freelancer)dan memiliki pekerjaan tambahan. Tren ini semakin meningkat seiring semakin mudahnya akses internet. 
  • E-commerce dan startup penyedia jasa menjadi salah satu yang membantu pengguna internet memperoleh penghasilan tambahan. 
  • China menjadi pasar terbesar di dunia dalam hal jumlah penduduk, sedangkan India menjadi yang terbesar dalam hal pertumbuhan jumlah pengguna baru. India juga disebut sebagai pasar internet ketiga setelah Amerika dan China. 
Jika anda ingin laporan lengkapnya, anda bisa cek di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel