Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebaran, Netizen Paling Banyak Mengakses Sosial Media Nih Datanya

Moment lebaran tahun ini banyak dimanfaatkan netizen untuk berbagi informasi atau sekedar update informasi di sosial media.  Trafiknya bahkan cenderung meningkat dibanding tahun lalu.

Moment lebaran tahun ini banyak dimanfaatkan netizen untuk berbagi informasi atau sekedar update informasi di sosial media.  Trafiknya bahkan cenderung meningkat dibanding tahun lalu.


Telkomsel mengumumkan kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 12,89 Petabyte, meningkat 22,3 persen jika dibandingkan pada hari normal, atau meningkat 109 persen dibanding tahun lalu.

Data Telkomsel seperti dilansir dari laman CNN Indonesia menyebut, secara persentase, wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta Bali dan Nusa Tenggara mengalami peningkatan penggunaan layanan data tertinggi hingga 40,5 persen.   Demikian halnya secara volume, trafik layanan data yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut merupakan yang tertinggi secara nasional, menembus angka 3,77 Petabyte.

Penggunaan layanan data pada momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung.

Dari sisi layanan, media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7 persen, diikuti video streaming (31,3 persen) dan layanan pesan instan (14,1 persen).

Khusus video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan live streaming pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya.

Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah YouTube yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2 persen, diikuti Instagram (19,3 persen) dan Facebook (13,3 persen).

Trafik layanan suara di jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini tercatat mengalami penurunan sebesar 9,8 persen dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1 persen ketimbang hari normal.

Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,82 persen, 99,83 persen, dan 98,46 persen yang berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.  [red]