Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ampuh..! Obati Mencret atau Diare dengan Beras Sangrai

Ampuh..! Obati Mencret atau Diare dengan Beras Sangrai


Diare atau mencret merupakan kondisi tubuh mengalamai gangguan pada organ pencernaan. Orang yang menderita diare atau mencret, umumnya diantandai dengan buang air besar encer lebih dari 3 kali sehari. Saya punya cara ampuh mengobati diare ini dengan ramuan leluhur. Ini adalah pengalaman pribadi yang saya buktikan sendiri setelah beragam obat dokter tidak cukup ampuh menghentikan diare ini.

Sebagian besar orang dewasa maupun anak-anak mungkin pernah mengalami diare atau kebanyakan orang menyebut jenis gangguan kesehatan ini dengan istilah mencret. Ya, diare merupakan gangguan pada sistem pencernaan. Gangguan pada sistem poencernaan ini diantai dengan gejala buang air besar yang sering. Bisa 4 kali bahkan bisa sampai 10 kali buang air besar encer dalam sehari.

Kondisi ini bukan hanya mengganggu aktifitas harian. Namun juga cukup melelahkan. Pengalaman saya, selain seluruh tubuh merasa tidak nyaman, diare juga membuat tubuh terasa lemas karena terlalu banyak mengeluarkan cairan di dalam tubuh.

amat beragam dan kadang pemicu pastinya tidak diketahui. Namun, kebanyakan orang mengalami penyakit ini karena infeksi bakteri akibat mengonsumsi makanan yang tidak steril atau telah terkontaminasi.

Saat terjadi infeksi, bakteri E. coli atau Salmonella mengeluarkan racun yang menyerang organ pencernaan. Sebagai dampaknya, pasien akan merasakan gejala seperti sakit perut, mual, atau buang-buang air setelah memakannya.

Dikutip dari laman HelloSehat, Kamis 27 Oktober 2022, Beberapa penyebab umum lainnya meliputi:infeksi virus, seperti rotavirus, adenovirus, norovirus, dan astrovirus,

intoleransi, sensitivitas yang tinggi, atau alergi terhadap makanan tertentu,
efek samping obat tertentu seperti antibiotik, obat antidepresan,
penyakit radang usus atau penyakit celiac, dan terlalu banyak makan makanan manis sehingga perut tidak bisa mencerna gula dengan baik.

Diare parah atau jangka panjang pada anak mungkin disebabkan oleh penyakit yang serius.

Jika buah hati Anda mengalami kondisi ini, segera kunjungi dokter agar ia bisa menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat..

Cara Ampuh Mengobati Diare

Ini adalah cara yang saya tempuh setelah beragam obat dokter tidak mampu menghentikan diare. Ramuan ini sebenarnya ramuan sederhana. Orang tua bilang, ramuan ini diperoleh dari turun temurun para orang tua dahulu. Obatnya yaitu beras putih biasa, apapun jenisnya yang melalui serangkaian proses penyangraian. Sederhananya adalah Beras Sangrai.

Cara membuatnya, cukup ambil satu sendok makan beras putih, kemudian sangrai di atas wajan dengan api sedang. Jangan lupa diaduk-aduk saat proses menyangrai agar tidak cepat gosong. Setelah lima menit dan warna beras sudah berubah ke kuningan, angkat lalu dinginkan. Setelah hangat, ambil setengah sendok sampai satu sendok teh beras sangrai, lalu dimakan langsung dengan terlebih dahulu dikunyah agar mudah dicerna.

Saran saya, memakan beras sangrai ini dilakukan saat kondisi beras masih hangat. Sebab jika sudah terlalu lama terkena udara atau suhu ruang, tekstur beras akan lebih alot. Jadi kunyahlah saat beras masih dalam keadaaan hangat karena masih bertekstur renyah.

Demikian cara ampuh mengatasi diare atau mencret yang bisa saya bagikan. Jika sakit berlanjut, saran saya segera hubungi dokter. Sebab, ada banyak jenis diare yang kita tidak tahu, dan hanya para dokter saja yang mengerrti cara penyembuhannya. Semoga bermanfaat. [red]

Posting Komentar untuk "Ampuh..! Obati Mencret atau Diare dengan Beras Sangrai"