Mengatasi HP Mati Total, ini Penyebab dan Solusinya


Pernah mengalami handphone atau HP mati total (Matot) ? jangan buru-buru ke tukang service. Coba lakukan langkah-langkah ini, HP kamu bisa hidup normal lagi.
 

Pernah mengalami handphone atau HP mati total (Matot) ? jangan buru-buru ke tukang service. Coba lakukan langkah-langkah ini, HP kamu bisa hidup normal lagi.


BERI.WEB.IDSalah satu mimpi buruk yang terkadang dihadapi pengguna smartphone Android adalah ketika perangkatnya tidak dapat menyala atau mati total. Misalnya layar HP hanya terlihat hitam, padahal tombol power sudah ditekan cukup lama.

Ada beberapa penyebab mengapa HP smartphone Android tiba-tiba mati dan tidak menyala lagi.

Untuk dapat mengetahui penyebab dan solusi dari smartphone Android yang tiba-tiba mati dan tidak menyala, simak solusi berikut ini seperti dilansir liputan6.com yang dikutip dari Make Use Of.

1. Masalah Charger


Dalam beberapa kasus, masalah charger menjadi penyebab smartphone tidak dapat diisi ulang sehingga HP tidak bisa menyala. Coba bersih-mu baik-baik saja. Jika tidak baik, maka ganti kabel tersebut.


2. Power Cycle


Saat smartphone tiba-tiba tidak merespon, tidak menyala, coba lakukan power cycle atau mencabut langsung batrai (sumber daya) dari HP.

Jika HP kamu memiliki baterai yang removable, cukup mencabut dan tunggu beberapa detik sebelum memasang baterai kembali.

Sedangkan untuk HP yang tidak memiliki baterai removable, cukup menekan tombol power dan menahannya selama 10 sampai 30 detik.


3. Kondisi Baterai


Selain masalah di atas, ada kemungkinan baterai HP juga menjadi penyebab smartphone-mu tidak dapat menyala. Perlu diketahui, baterai smartphone memiliki masa hidup dan setiap tahun kualitasnya terus menurun.

Coba hubungkan smartphone-mu dengan charger dan lihat respon yang diberikan. Apabila saat dihubungkan ke charger, ikon baterai muncul berarti tidak ada masalah. 


Tapi, jika saat dihubungkan tidak merespon, itu artinya ada masalah dengan baterai smartphone. Nah, cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti baterai.


4. Periksa Layar


Bukan cuma masalah daya, ada kemungkinan masalah lain terjadi pada layar HPmu. Sering kali, smartphone yang tidak dapat menyala tiba-tiba disebabkan masalah pada layar.

Untuk mengetahui apakah layar HP sehat atau sakit, cukup menekan tombol Power selama 30 detik dan tunggu reaksinya.

Jika tidak tampak booting pada layar HP, ada kemungkinan memang layar HP bermasalah.

Untuk mengatasi masalah pada layar tentu saja dengan menggantinya. Tapi, untuk mengganti layar sebaiknya diserahkan pada pihak profesional.

5. Reset HP


Umumnya, setelah mencoba beberapa solusi di atas, HP akan hidup normal lagi. Meskipun terkadang HP tidak bisa masuk booting atau ke menu awal.

Masalah ini biasanya disebabkan trouble pada ROM. Solusinya, yakni dengan mereset perangkat. Sebelum itu dilakukan, pastikan semua data dalam HP sudah terbackup terlebih dahulu. Semoga bermanfaat. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel