Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Iftitah Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap

Doa Iftitah Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap

Doa iftitah adalah doa yang dibaca setelah takbiratul ihram pertama dalam shalat.  Doa ini dibaca sebelum membaca surat Alfatihah.  Doa iftitah hanya dibaca satu kali dalam setiap melaksanakan shalat.  Artinya, hanya pada takbiratul ihram pertama saja, sedangkan pada rakaat berikutnya tidak.

Layaknya doa, doa iftitah ini dianjurkan dibaca pada saat shalat.  Sebab doa ini selalu diucapkan Nabi Muhammas SAW setiap kali melaksanakan shalat.  Berikut bacaan doa iftitah dalam bahasa arab dan juga termehannya.
Doa Iftitah Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap
Allaahu akbaru kabiiraw walhamdu lilaahi katsiran, wa subhaanallaahi bukrataw wa’ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.


Artinya:

Allah maha besar dengan sebesar besarnya. Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang orang yang menyekutukanNya.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang orang yang berserah diri (muslim).

Demikian doa iftitah yang biasa diamalkan.  Anda bisa menghafalnya dengan mudah dengan terlebih dahulu mengambil wudhu dan mengulang-ulang bacaan ini sebagai latihan.  Semoga bermanfaat.  [red]

Post a Comment for "Doa Iftitah Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap"