Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paling Efektif, Cara Mengobati Penyakit Diabetes dan Mengendalikan Gula Darah Tinggi

Paling Efektif, Cara Mengobati Penyakit Diabetes dan Mengendalikan Gula Darah Tinggi


Penyakit diabetes adalah penyakit kronis.  Disebut kronis karena penyakit ini bisa diderita orang dalam kurun waktu yang lama, enam bulan bahkan bisa sampai bertahun-tahun.

Seseorang disebut menderita diabetes ditandai dengan lonjakan kadar glukosa atau gula dalam darah.  Kadar gula darah di dalam tubuh bisa berubah karena beberapa faktor, diantaranya pola makan, metabolisme tubuh dan efek samping obat-obatan tertentu. 

Kadar gula darah di dalam tubuh disebut normal terbagi dalam tiga.  Pertama, kadar gula darah sebelum makan atau setelah puasa selama setidaknya 8 jam: yaitu dikisaran 70–100 mg/dL  Kedua, kadar gula darah sebelum tidur atau 2 jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL.Dan Ketiga, kadar gula darah sewaktu, dikatakan normal jika kurang dari 200 mg/dL.

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Gejala Diabetes

Untuk mengobati penyakit diabates, tentu kita harus tahu kapan kadar gula darah dalam tubuh kita terjadi lonjakan dan berada di atas kadar gula darah normal.  Secara klinis, orang yang menderita penyakit diabetes umumnya akan merasakan sering kehausan, sering buang air kecil terutama dimalam hari, sering merasa lapar, turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, berkurangnya masa otot, pandangan kabur, dan luka yang sulit sembuh.

Selain gejala tersebut, penderita diabetes umumnya juga akan merasakan rasa kaku dan nyeri pada kaki, disfungsi ereksi pada organ vital pria, mudah tersinggung, dan munculnya bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan, (akantosis nigrikans) sebagai tanda terjadinya resistensi insulin.

Gejala-gejala yang disebutkan tadi merupakan sinyal dari tubuh bahwa kadar gula darah anda berada di atas ambang normal.  Untuk memastikan itu semua, anda wajib memeriksa kadar gula darah anda menggunakan alat tes glukosa yang bisa anda beli di berbagai penyedia alat kesehatan.  Atau lebih baik lagi jika anda langsung berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam.

Jika setelah pemeriksaan kesehatan, anda divonis menderita diabetes, saya sarankan anda untuk membeli alat test gula darah secara mandiri.  Tujuannya untuk memudahkan anda mengontrol kadar gula darah anda di rumah secara mandiri.  Cara ini, menurut pengalaman saya jauh lebih ekonomis dan efektif untuk mentetahui kadar gula harian di dalam tubuh anda.  Sehingga anda akan mudah melakukan treatment untuk menghindari naiknya kadar gula darah.

Cara Efektif Mengobati Diabetes

Setiap penyakit tentu ada obatnya.  Bagi anda yang beragama Islam, tentu sudah paham betul bahwa sebaik-baik penyembuh adalah Allah SWT.  Ini penting diyakini agar selain pengobatan medis, tubuh yang sakit juga memerlukan pengobatan psikologis.  Dengan pemahaman yang benar tentang ini, anda bisa terhindar dari stres yang juga berdampak pada naiknya kadar gula darah dalam tubuh.

Karenanya selain berobat, doa dan amalan-amalan baik yang dianjurkan dalam Islam juga akan membantu anda terbebas dari penyakit diabates.  Sudah banyak kisah di luar sana bagaimana Allah SWT Maha Kuasa menyebuhkan mereka yang menderita penyakit bertahun-tahun.

Selain itu, anda harus disiplin meminum obat sesuai resep yang diberikan dokter. Mengabaikan ini sama saja anda memperlambat proses penyembuhan dari oenyakit diabetes.  Mereka yang menderita diabates umumnya akan diberi obat penurun kadar gula darah, bahkan hingga suntikan insulin.

Berikutnya cara efektif mengobati penyakit diabates adalah dengan mamahi hal-hal yang bisa meningkatkan kadar gula darah.  Pantangan ini termasuk di dalamnya mengubah pola makan.  Pengalaman saya, lonjakan kadar gula darah terjadi saat mengkonsumsi nasi putih, produk olahan tepung dan gula itu sendiri.  Sebisa mungkin anda hindari makanan yang saya sebutkan tadi.  Sebagai gantinya, anda bisa mengkonsumsi sumber karbo hidrat misalnya dari jagung atau umbi-umbian dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Bagi anda yang tertarik dengan dunia herbal, pilihlah produk herbal yang tujuan pengobatannya untuk membantu menjaga fungsi pankreas.  Dan terakhir, tidak lupa untuk berolahraga semampu yang anda bisa.  Minimal berjalan kaki lebih kurang 20 menit.  

Cara-cara yang saya sebutkan diatas sebenarnya adalah pengalaman pribadi.  Dan Alhamdulillah, selain bisa mengontrol kadar gula darah, kita juga bisa menjaga kesehatan jasmani maupun rohani kita.  Jika memiliki pengalaman lain, dilakan tulis di kolom komentar.  Semoga bermanfaat.  (red)

Posting Komentar untuk "Paling Efektif, Cara Mengobati Penyakit Diabetes dan Mengendalikan Gula Darah Tinggi"