Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Handphone Terbaru Xiaomi Mi A1

XIAOMI merilis handphone seri terbarunya Mi A1, Rabu 20 September 2017. Perangkat yang lebih dulu dikenalkan di New Delhi India ini sempat membuat heboh netizen Indonesia hingga muncul tagar #BawaMiA1keIndonesia.


XIAOMI merilis handphone seri terbarunya Mi A1, Rabu 20 September 2017. Perangkat yang lebih dulu dikenalkan di New Delhi India ini sempat membuat heboh netizen Indonesia hingga muncul tagar #BawaMiA1keIndonesia.

Perangkat yang dibandrol Rp3,1 juta ini memiliki kapasitas RAM 4GB dan ruang penyimpanan 64GB. Mi A1 merupakan perangkat pertama Xiaomi yang menjalankan sistem operasi murni Android One. Tak ada lagi antarmuka MIUI yang biasanya dipasang pada lini Xiaomi.

Xiaomi Mi A1 memiliki layar FHD 5,5 inci dengan perlindungan Gorilla Glass. Desain lengkungan di sisi belakang menyesuaikan dengan bentuk tangan ketika menggenggam ponsel.

Spesifikasi lain dari Mi A1 antara lain memakai prosesor octa-core Snapdragon 625, baterai 3.080 mAh, dan kualitas audio 10V smart power amplifier dengan kalibrasi DHS.


Klaim Kamera Setara iPhone 7 Plus

Dikutip dari detiknet, dalam presentasi peluncurannya, Xiaomi membandingkan hasil jepretan kamera ganda Mi A1 yang diklaim mampu mengimbangi iPhone 7. Bukan asal klaim, pasalnya Xiaomi menyebut kalau kamera ganda di Mi A1 menggunakan konfigurasi yang sama dengan iPhone 7 Plus.

Kedua ponsel disebut Donovan Sung, Director of Product Management & Marketing Xiaomi Global, sama-sama memadukan lensa wide dan tele. Selain itu baik Mi A1 dan iPhone 7 Plus juga mengusung kemampuan yang sama-sama 12 MP di kedua kameranya.

"Menggunakan wide dan tele, sama dengan iPhone 7 Plus," ujarnya, di Jakarta saat peluncuran.

Itu secara konfigurasi, soal hasil jepretannya Donovan malah sesumbar Mi A1 bisa lebih baik di beberapa sisi. Misalnya di fitur portrait, pengguna iPhone 7 Plus disebut sering menemui semacam jaggy di 'perbatasan' antara objek detail dan bokeh. Bisa dibilang efek bokeh yang meluber ke pingggiran objek detail .

Hal seperti ini disebut Donovan tak akan ditemui di Mi A1. Ketika menggunakan fitur portrait, produsen China ini menjanjikan perpotongan efek bokeh dan objek detail yang akurat.

Kemampuan tersebut tak lepas dari kinerja software yang digunakan. Demi mewujudkan hal tersebut, Donovan menyebut Xiaomi sampai menurunkan banyak orang.

"Untuk bokeh bisa lebih baik Mi A1, berkat software. Kami menggunakan banyak orang untuk mengembangkan. Karena (kamera ganda) bukan melulu soal hardware, tapi juga software," jelasnya.

Sementara itu untuk jepretan standar, Xiaomi juga percaya diri kamera ganda Mi A1 mampu mengimbangi iPhone 7 Plus. Asalkan, yang dibandingkan adalah hasil fotonya langsung sebelum kena efek filter.

"Dibanding iPhone 7 Plus, hasilnya akan sama. Asal foto asli," pungkas Donovan. [*]