Trik Marketing Online di Media Sosial untuk Pelaku UMKM

Menggeluti usaha diera digital sekarang ini menuntut pelakunya tak hanya piawai memasarkan produk di dunia nyata. Pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) juga wajib memanfaatkan media sosial sebagai startegi marketing produknya.



BERI.WEB.ID, Menggeluti usaha diera digital sekarang ini menuntut pelakunya tak hanya piawai memasarkan produk di dunia nyata. Pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) juga wajib memanfaatkan media sosial sebagai startegi marketing produknya.


Tapi bagaimana caranya ? berikut trik-trik marketing online bagi pelaku UMKM seperti dkutip dari trendtek.republika.co.id, mau coba, buktikan.

1. Pahami audience produk anda


Harus mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai pengikut atau follower akun media sosial, kapan mereka membuka medsos tersebut, siapa teman-temannya dan lain sebagainya.

2. Brand

Mengetahui apa yang follower katakan tentang brand Anda.  Brand itu bukan pandangan kita, namun pandangan orang lain tentang kita.

3. Konten yang tepat

Mengetahui apa yang sebaiknya diunggah di media sosial yakni mengetahui kapan melakukan penjualan secara soft dan kapan melakukan hard selling

4. Harus Konsisten

Ini menjadi hal tersulit bagi pelaku UMKM yakni mebgelola ekspektasi follower terhadap brand Anda. "Jangan sampai Anda cuma nge-postseminggu nggak sekali," ujar Billy Boen saat ditemui di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Senin 31 Juli 2017.

Satu hal yeang selama ini belum diketahui para pelaku UMKM adalah perbedaan cara menggunakan Twitter, FB dan IG. Kegunaan dan algoritma media sosial tersebut juga sangat berbeda.

Contohnya, sistem Twitter yang serupa dengan berita lintas pada televisi. Itu artinya, pelaku UMKM perlu mencuit cukup banyak dalam sehari untuk memastikan cuitan tersebut terbaca oleh para pengikutnya.

Begitu juga dengan Facebook dan Instagram yang sebaiknya tidak terlalu sering mengunggah foto produk karena akan menjadi 'sampah' bagi akun para pengikut. Jika begitu, kata dia, yang ada para pengikut akan beramai-ramai meng-unfollow.

Untuk itu, kunci sukses dalam memanfaatkan media sosial adalah mengetahui tips dan triknya juga menjaga kebiasaan atau konsisten. "Menjaga konsistensi itu susah. Selama ini hanya perusahaan besar yang mampu membayar digital agency yang bisa memaksimalkan akun sosmednya," ujarnya.

Menurutnya, perusahaan besar tersebut rela membayar mahal digital agency karena menyadari pentingnya media sosial untuk brand produk mereka. [*]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel