Awas Smartphone Bisa Membuat Stres, Begini Cara Mengaturnya



Hasil survei menyebut rata-rata orang menggunakan smartphone hingga 150 kali per hari.  Sebegitu seringnya orang berinteraksi dengan handphone, ternyata memiliki dampak negatif hingga mengakibatkan stres.  Bagaimana caranya agar penggunaan handphone tak membuat stres? Berikut ulasannya.

Sebagian besar mereka menghabiskan waktunya untuk melakukan aktifitas berulang-ulang seperti mengecek email, membuka facebook, mendengarkan musik, kemudian membuka facebook lagi.
Pangkas Aplikasi yang Tidak Perlu
Ada banyak cara mengatur aplikasi dalam smartphone anda.  Salah satunya memilih aplikasi yang hanya anda perlukan saja.  Pada Android maupun iOS, cara ini sangat mungkin anda lakukan.  Selain mengemat ruang penyimpanan dalam samrtphone, memangkas aplikasi juga bisa memankas perhatian anda menggunakan smartphone.
Mengaktifkan Mode Grayscale
Mantan Karyawan Google Tristan Harris telah menganjurkan metode ini. Ahli etika desain mengklaim bahwa pembuatan nada abu-abu iPhone atau Android Anda akan membantu orang menjadi kurang bergantung pada handphone. Meskipun tampaknya tidak ada bukti ilmiah kuat di balik ini, pengalaman sebagian orang cara ini cukup ampuh mengurangi ketergantungan.
Mode Grayscale dapat ditemukan di setting  iPhone dan Android. Meski diperingatkan: menonton video di YouTube dan membolak-balik Instagram mungkin sedikit kurang menarik.
Setting Notifikasi
Pemberitahuan notifikasi mungkin akan mengganggu dan tidak perlu setiap aplikasi meminta perhatian Anda kapan pun Anda mau. Tinjau pengaturan Anda untuk pemberitahuan push dan matikan semua yang tidak penting. 
Atur Mode Jangan Ganggu
Android dan iOS keduanya memiliki fitur ini.  Dengan meaktifkan mode ini, panggilan akan berhenti, pesan, dan notifikasi lainnya tidak muncul. Paling tidak, mode ini bisa anda aktifkan saat jam tidur atau istirahat anda.  
Percayalah tidak ada yang mau dibangunkan oleh email dari atasan mereka. Juga pertimbangkan untuk menyalakannya jangan ganggu selama rapat atau saat Anda berjalan di pintu depan dan ingin meluangkan waktu bersama keluarga.
Persiapan Sebelum Tidur
Cahaya biru terang dari layar smartphone berbahaya bagi kesehatan Anda. Baik Android dan iOS memiliki opsi yang lebih baik untuk mata Anda pada waktu-waktu tertentu. Di iOS, Night Shift mengubah warna layar Anda menjadi lebih hangat dan Anda dapat mengatur waktu untuk mengaktifkan mode ini. Bisa ditemukan di setting ponsel anda. Dan di Android, fitur mode malam yang serupa dapat diaktifkan melalui pengaturan telepon.  Semoga bermanfaat, jangan sampai stres gara-gara smartphone.  [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel