Semakin Seru, Instagram Update Fitur, Begini Cara Menggunakannya

Jejaring sosial Instagram semakin seru. Anak perusahaan Facebook ini terus merilis fitur-fitur terbaru. Mulai dari video chat grup, efek kamera untuk stories hingga kanal topik di laman pencarian atau explore. Apa saja kecanggihan dan cara menggunakannya ? berikut ulasannya.

Jejaring sosial Instagram semakin seru. Anak perusahaan Facebook ini terus merilis fitur-fitur terbaru. Mulai dari video chat grup, efek kamera untuk stories hingga kanal topik di laman pencarian atau explore. Apa saja kecanggihan dan cara menggunakannya ? berikut ulasannya.



Inovasi Instagram ini cukup beralasan. Sebab setelah diakuisi Facebook pada 2012 dengan penggunanya 50 juta orang, kini Platform berbagi foto ini mencatatkan satu miliar pengguna aktif bulanan pada awal Juni 2018.

Tak heran nilai perusahaan ini pun menurut data Bloomberg Intelligence, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Senin (16/7/2018) memiliki nilai US$100 miliar atau Rp1.417 triliun. Nilai yang fantastis dibanding saat Facebook mengakuisisi Instagram dengan menggelontor uang US$1 miliar atau Rp14 triliun.



1. Video Chat Instagram Direct

Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna Instagram melakukan video chat atau video call melalui fitur Direct.  Tidak hanya ke satu pengguna loh, namun juga grup.

Cara menggunakan fitur ini, pertama geser ke kiri laman utama untuk masuk ke Direct dan buka salah satu thread pesan.  Kemudian, ketuk ikon kamera video chat yang berada di kanan atas layar dan teman Anda akan menerima notifikasi pangilan masuk.

Ketika sedang melakukan video chat, anda  bisa mengecilkan layar video dan melanjutkan kegiatan lain di Instagram.  Sedangkan untuk video chat grup, sementara ini maksimal hanya empat orang disaat bersamaan.


2. Efek Kamera Baru di Stories

Sekarang fitur stories instagram bakal lebih seru.  Anda dapat melihat efek kamera baru ini jika mengikuti akun Ariana Grande, Buzzfeed, Liza Koshi, Baby Ariel dan NBA.  Untuk melihatnya anda cukup mengetuk ikon wajah di bagian kanan bawah stories.
3. Video Chat Secara Grup di Instagram

Untuk menggunakan fitur ini anda tidak harus memasukkan nomor telepon ke Instagram.  Caranya bisa anda ikuti langkah-langkah berikut ini yang dikutip dari laman liputan6.com.

1. Pastikan aplikasi Instagram sudah ter-update ke versi yang paling baru.

2. Jika ingin melakukan video call dengan satu orang saja, cukup masuk ke Instagram -> Direct (sama seperti cara mengirim pesan) > lalu tekan icon video di pojok kanan atas.

3. Untuk memulai video call grup, anda wajib membuat grup chat terlebih dahulu. Caranya: masuk ke Direct > tekan tambah (+) di pojok kanan atas > lalu pilih orang-orang yang anda inginkan ada di dalamnya.

4. Setelah itu, Anda dapat langsung melakukan video call dari dalam grup. Nah nanti, setiap anggota grup bisa bergabung langsung atau menyusul kemudian.

5.  Ketika ingin meninggalkan video chat, ketuk ikon telepon berwarna merah di bagian bawah layar.


4. Kanal Topik di Explore

Kejutan berikutnya adalah ketika membuka laman Explore, Anda akan melihat barisan pilihan kanal pada bagian atas layar dengan saluran yang telah dipersonalisasi.  Salah satunya kanal "Untuk Anda (For You)" dan banyak lagi unggahan sesuai minat.

Untuk menghapus topik tertentu, tekan dan tahan kanal tersebut, lalu pilih "Diam" atau "Mute" dari menu.  Cara ini akan membuat topik itu berpindah ke bagian paling akhir dari laman yang ditampilkan.  Semoga bermanfaat.  [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

https://www.beri.web.id/search/label/Tempat%20Makan