Loading...

Pastikan Periksa 8 Bagian Mobil ini Sebelum Mudik Lebaran

Bagi anda yang mudik lebaran menggunakan mobil, pastikan bagian penting ini sebelum mudik agar perjalanan anda aman, nyaman dan lancar.
Bagi anda yang mudik lebaran menggunakan mobil, pastikan bagian penting ini sebelum mudik agar perjalanan anda aman, nyaman dan lancar.

BERI.WEB.ID - Mudik menggunakan kendaraan mobil bakal masih mendominasi ditengah tingginya harga tiket pesawat. Ya, memang sangat rasional jika pada akhirnya banyak pemudik memilih menggunakan kendaraan roda empat sebagai sarana mudik bersama keluarga tercinta.

Namun begitu, jangan pernah lupakan untuk memeriksa kembali mobil yang akan digunakan untuk mudik. Terlebih jika itu mobil sewaan yang anda sendiri tidak tahu riwayat perawatan dan kondisi mobil belakangan terakhir.

Berikut adalah bagian-bagian penting dari mobil yang wajib anda periksa kembali sebelum digunakan mudik lebaran nanti. 


1. Oli mesin, transmisi, garden


Pastikan kondisi oli mesin baik. Jika harus diganti atau sudah saatnya ganti oli, maka segera ganti. Periksa system transmisi dan garden. Pastikan filter oli dalam kondisi baik. Sebab ini berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli agar mesin lebih terawat. 


2. Kelistrikan, air aki, filter udara


Bagian kedua yang tak kalah penting diperiksa adalah kelistrikan, air aki dan filter udara. Pastikan tidak ada kebocoran arus sehingga kinerja aki bisa berjalan optimal. Pastikan air aki tidak kering agar tidak sampai mengakibatkan kerusakan pada bagian mobil lainnya.

Periksa kembali filter udara. Bersihkan jika memang kotor agar tarikan mesin bekerja optimal, suara halus, dan tidak boros bahan bakar. 


3. Tekanan angin pada ban


Pastikan tekanan ban mobil anda tepat sesuai dengan kapasitas beban yang diangkut. Tekanan ban yang tepat akan membantu membuat jarak pengereman, menstabilkan kemudi pada waktu kecepatan tinggi. 


4. Air radiator


Air radiator berfungsi untuk proses pendinginan mesin. Anda pernah lihat atau mungkin mengalami bagaimana resikonya jika mesin terlalu panas. Pastikan air radiator tidak kering selama perjalanan mudik. 


5. Wiper blade, Shock absorber, dan Filter AC


Bagian ini mungkin terkesan sepal. Namun tentu saja wiper blade ini perannya juga penting khususnya bagi pengemudi untuk memastikan jarak pandang benar-benar jelas dan nyaman, tak ada kotoran menghalangi di bagian kaca mobil.

Fungsi shock absorber adalah menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang. Memastikan bagian ini dalam kondisi baik akan menunjang kenyamanan.

Bershkan filter AC jika kotor. Ini untuk memastikan kinerja AC berjalan maksimal dan tak menimbulkan penyakit jangka panjang bagi penumpang anda.



6. Minyak rem, kopling


Minyak rem yang kotor berpotensi menurunkan fungsi kerja rem. Sedangkan jika minyak kopling bocor, mobil tidak memiliki tekanan untuk proses kerja kopling dan pemindahan gigi transmisi. 


7. Sistem penerangan dan lampu


Jangan lupa, cek juga system penerangan dan lampu mobil anda sebelum mudik. Pastikan lampu utama benar-benar bekerja normal, tidak redup. Pastikan juga lampu sein befungsi baik untuk memudahkan komunikasi dengan pengendara lain selama di jalan. Periksa juga bagian kabelnya. 


8. Surat-surat Kendaraan dan Perlengkapan Medis dan Alat Emergency


Bagian ini tidak boleh tertinggal menemani mudik lebaran anda. Pastikan surat-surat kendaraan yang harus dibawa. Periksa peralatan medis dan obat-obatan agar perjalanan mudik anda tenang. Begitu juga dengan alat emergency seperti mungkin kunci-kunci mobil jika terjadi hal-hal di luar dugaan dan jauh dari bengkel, anda bisa mengerjakannya sendiri. Semoga bermanfaat. [red]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel