Tips Agar Luka Sehabis Operasi Caesar Cepat Mengering

Proses penyembuhan yang dilakukan setelah operasi tentu harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi jika jenis operasi tersebut adalah operasi besar, seperti misalnya operasi caesar.
 

Proses penyembuhan yang dilakukan setelah operasi tentu harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi jika jenis operasi tersebut adalah operasi besar, seperti misalnya operasi caesar.

BERI.WEB.ID - Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan, sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi caesar. Sehingga tubuh anda sehat kembali, dan luka di dalam perut lebih cepat mengering.

Dalam pemulihan dan proses penyembuhannya memang membutuhkan beberapa waktu yang agak lama. Biasanya hal itu tergantung pada kondisi tubuh setiap masing-masing orang yang mengalami operasi tersebut. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa hal mudah yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, untuk mengatasi luka sehabis operasi caesar.

Cara Dan Tips Mengatasi Luka Sehabis Operasi Agar Cepat Kering


Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar luka pasca operasi menjadi lebih cepat kering, dan anda menjadi cepat pulih. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang


Untuk menjaga asupan nutrisi, anda harus memulainya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E, protein, dan makanan yang jumlah kalorinya cukup tinggi. Misalnya saja daging ayam, kandungan asam amino di dalamnya akan membantu proses penyembuhan luka.

2. Menjaga agar luka pasca operasi tetap kering, bersih dan steril


Walaupun proses operasi caesar kini sudah lebih canggih, namun anda tetap harus menjaga luka luar yang ditutup dengan plester di 7 hari pertama. Pastikan luka tersebut selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab.

3. Minum air putih yang cukup


Dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya, maka hal itu sudah menjadi obat luka operasi yang sangat ampuh dan efektif. Dengan begitu asupan nutrisi dan asupan cairan di tubuh anda tercukupi dengan sempurna.

4. Menggunakan pakaian yang longgar dan ringan


Selama masih dalam masa pemulihan, sebaiknya anda menggunakan pakaian yang longgar di badan dan berbahan ringan. Dengan begitu anda akan terhindar dari iritasi, yang disebabkan oleh gesekan jika menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Sebaiknya gunakan juga bahan yang ringan dan adem, dan tidak terlalu tebal.

Makanan yang Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


Penyembuhan luka memerlukan proses dan umumnya membutuhkan waktu tergantung kondisi luka. Untuk memaksimalkan proses penyembuhan luka, dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat untuk pertumbuhan sel-sel baru di dalam tubuh. Berikut makanan yang bisa anda konsumsi untuk proses penyembuhan luka.

a. Ikan Gabus


Nama ilmiah ikan ini adalah Channa Striata. Setiap daerah mungkin berbeda menyebut jenis ikan sungai yang habitatnya di rawa-rawa ini. Orang Banjarmasin misalnya, menyebut ikan Gabus dengan istilah Ikan Haruan.

Terlepas dari sebutan itu, yang harus anda ketahui, ikan haruan atau gabus memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibanding ikan air tawar lainnya. Kandungan proteinnya mencapai 25,5 persen, lebih tinggi dibanding protein ikan Bandeng yang hanya 20,0 persen, atau ikan mas yang kandungan proteinnya 16,0 persen, ikan kakap 20,0 persen, atau bahkan ikan Sarden yang kandungan proteinnya 21,1 persen.

Ikan gabus juga dikenal memiliki kandungan Albumin yang tinggi. Albumin ini adalah protein yang sangat urgen dalam penyembuhan luka dalam tubuh manusia.

b. Lemon


Lemon dikenal sebagai buah yang mengandung Vitamin C dan asam folat yang tinggi. Dari seperempat gelas jus lemon saja dapat memenuhi 31 persen kebutuhan Vitamin C dan 3 persen asam folat dalam tubuh setiap harinya.

Tingginya kandungan vitamin C pada Lemon juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Buah ini akan sangay membantu anda mempercepat proses penggantian lapisan kulit baru akibat luka sayatan atau luka robek.

c. Daging Merah


Anda tahu, manusia memang mampu memproduksi keratinin di dalam tubuh. Namun kemampuan tubuh memproduksi zat ini sangat terbatas, sekitar 1 gram setiap hari. Keratinin ini berfungsi mempercepat proses pertumbuhan sel-sel otot.

Nah, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung keratinin tinggi seperti yang terkandung pada daging merah untuk membantu proses penyembuhan luka.
Semoga bermanfaat. [red]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel