Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Mudah dan Ampuh

Karang gigi tak hanya mengurangi rasa percaya diri. Dari sisi medis, karang gigi juga menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit gigi seperti radang gusi. Karenanya karang gigi harus segera dibersihkan.

Karang gigi tak hanya mengurangi rasa percaya diri. Dari sisi medis, karang gigi juga menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit gigi seperti radang gusi. Karenanya karang gigi harus segera dibersihkan. Nah, bagaimana cara membersihkan karang gigi paling mudah dan ampuh, kita bahas di artikel ini.

Memahami Karang Gigi


Rasanya akan sulit kita membersihkan karang gigi jika tidak memahami apa itu karang gigi. Apa saja penyebab munculnya karang gigi juga harus sudah menjadi pemahaman agar kita bisa menghindarinya.

Secara medis, karang gigi terbentuk akibat aktifitas bakteri dalam mulut yang memproses sisa makanan yang seiring waku menjadi lapisan lengket pada gigi yang disebut plak. Saat plak ini menumpuk dan tidak dibersihkan, plak tersebut akan mengeras lalu yang menjadi karang gigi.

Bahaya Karang Gigi


Seperti yang sudah disebutkan di atas, karang gigi akan memicu munculnya penyakit turunan seputar gigi dan mulut. Jika tak segera dibersihkan, bukan tidak mungkin akan mempengaruhi kesehatan gusi. Gusi membengkak, berdarah saat disikat. Selain itu gigi akan terasa ngilu ketika mengunyah, bahkan hingga kronis seperti nanah keluar dari sela gigi.

Di dunia medis, fase kronis akibat tidak membersihkan karang gugu disebut periodontitis. Dikutip dari laman hellosehat,com, bakteri dari periodontitis dapat masuk ke dalam aliran darah dalam tubuh yang kemudian meningkatkan ancaman atau risiko terkena penyakit jantung dan paru-paru.

Inilah alasan mengapa kesahatan mulut dan gigi sangat penting dan tidak boleh dianggap sepele. Gosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari dapat menghindari serangkaian penyakit gigi dan gusi. Jika merasa memiliki karang gigi dan banyak plak, segera bersihkan dan berkonsultasi dengan dokter gigi.

Membersihkan Karang Gigi di Rumah


Sebelum datang ke dokter, untuk membersihkan karang gigi bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Berikut caranya :

1. Menggunakan Kulit Jeruk


Kulit jeruk bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Kandungan asam pada jeruk bermanfaat membersihkan noda atau plak membandel pada gigi. Caranya, gosokan kulit jerung ke karang gigi selama 2-3 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan Baking Soda


Baking soda dipercaya bisa menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Caranya, campurkan baking soda dengan sejumput garam hingga membentuk pasta. Nah, pasta gigi baking soda ini bisa digunakan untuk bersikat gigi selama dua menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Selain membersihkan karang gigi, baking soda juga dipercaya bisa membantu memutihkan gigi.

3. Mengonsumsi Stroberi


Kandungan vitamin C dan zat asam pada buah stroberi dipercaya mampu menghilangkan karang gigi secara efektif. Konsumsi buah ini dengan teratur untuk mengurangi karang gigi.

4. Menggunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride


Pasta gigi fluoride mampu mencegah karang gigi berkembang. Selain fluoride, pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan juga mampu membantu menghilangkan karang dan noda kekuningan pada gigi.



5. Menggunakan Flossing Gigi


Flossing atau membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang khusus untuk gigi. Dengan cara ini, plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dan lebih cepat terangkat.


6. Menggunakan Jus Lemon


Asam jus lemon mampu membantu menghancurkan plak dan memutihkan gigi. Caranya, celupkan sikat gigi ke dalam larutan jus lemon, lalu sikat gigi perlahan dan biarkan selama satu menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Namun perlu diiingat, cara ini tak boleh dilakukan secara berlebihan, sebab dapat menimbulkan erosi gigi.

7. Mengunyah Daun Sirih


Orang tua dahulu sebenarnya sudah mencontohkan cara alami merawat gigi mereka. Ya dengan mengunyah daun sirih. Selain membersihkan karang gigi, daun sirih juga bisa menghilangkan bau mulut. 


8. Mengonsumsi Buah Tin


Buah tin dapat merangsang produksi air liur. Kunyahlah buah ara 3-4 buah sekaligus untuk dapat membersihkan gigi dari plak yang membandel.


9. Menggunakan Cengkeh


Cengkeh biasa digunakan untuk obat penyembuh sakit gigi. Selain itu, ternyata cengkeh juga mampu menghilangkan karang gigi. Tumbuk cengkeh hingga berbentuk bubuk dan oleskan pada karang gigi.

Membersihkan Karang Gigi dengan Scaling


Jika cara di atas tidak cukup ampuh membersihkan karang gigi, kamu bisa menggunakan treatment terakhir yakni scaling dengan bantuan dokter gigi.

Cara membersihkan karang gigi ini dilakukan dengan alat ultrasonic scaler. Alat khusus ini bekerja merontokkan karang yang ada di sela-sela gigi dan gusi. Kedua bagian ini biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Scaling gigi idealnya setiap enam bulan sekali. Metode ini bisa membersihkan karang gigi yang sangat keras sekali pun. Namun demikian, ada orang yang mungkin membuthkan lebih sering scaling dikarenakan kerusakan gigi yang dialaminya sudah terlanjur parah.

Namun harus dipahami adalah efek samping scaling seperti perdarahan, gusi bengkak dan nyeri. Hal ini terjadi karena gusi dan gigi yang berkarang masih menyesuaikan diri dengan proses scaling. Namun tak perlu khawatir, efek samping ini umumnya lekas mereda usai perawatan.

Bagaimana ? sudah mengerti kan resiko semua treatment di atas ? yang terbaik memang bukan mengobati, tapi memelihara kesehatan gusi. Semoga bermanfaat. [red/*]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Mudah dan Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel