Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERINGATAN..! Hasil Riset Terbaru 2021, Ada 8 Aplikasi Android Berbahaya di Play Store

PERINGATAN..! Hasil Riset Terbaru 2021, Ada 8 Aplikasi Android Berbahaya di Play Store

Peneliti keamanan Check Point Research telah  menemukan delapan aplikasi android di Play Store yang di dalamnya disisipi malware berbahaya.

Malware baru itu disebut Clast82 yang tersembunyi di delapan aplikasi Android.  Aplikasi tersebut memberi peluang pelaku kejahatan bisa mengambil alih smartphone dan menguras rekening bank korban.

Dijelaskannya, malware itu sewaktu-waktu bisa menyerang dari program ponsel hingga jaringan VPN. Hebatnya, malware tersebut juga mampu menghindari sistem deteksi keamanan Google Play Protect.

Bukan itu saja, Clast82 menyisipkan alienbot malware-as-a-service (Maas) berisikan kode berbahaya ke dalam perangkat targetnya.

Nah, dari sinilah pelaku kejahatan mengambil alih perangkat jarak jauh dan mengakses aplikasi keuangan di perangkat Android milik korbannya.

“Setelah mengambil kendali, pelaku kejahatan mengontrol fungsi tertentu, mereka memegang kendali perangkat tanpa disadari korban," ungkap tim peneliti tersebut seperti dikutip dari Iavcworld dilansir dari laman jpnn.com, (12/3/2021).

"Lalu pelaku kejahatan itu beraksi dan menargetkan rekening bank korban," ujarnya.

Pihaknya menyarankan pengguna menghapus  delapan aplikasi itu dan menggubah password yang terhubung dengan akun finansial. 

Lalu, apa saja 8 aplikasi android berbahaya itu ? Kedelapan aplikasi berbahaya itu yakni Kue VPN, VPN Pasifik, eVPN, BeatPlayer, QR/Barcode Scanner MAX, Musik player, tooltipnatorlibrary, dan QRecorder.

Itulah 8 aplikasi berbahaya di play store, segera hapus sebelum anda menjadi korban. Semoga bermanfaat. [red]

Post a Comment for "PERINGATAN..! Hasil Riset Terbaru 2021, Ada 8 Aplikasi Android Berbahaya di Play Store"